Hari ke-12 PON Papua: Sulsel Berhasil Menyabet Dua Medali Emas

Tim basket 5x5 putri juga lolos ke semifinal

Makassar, IDN Times - Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya memutus dahaga emas. Bukan cuma satu, dua medali simbol pencapaian tertinggi langsung dipersembahkan sekaligus oleh atlet cabang olahraga (cabor) muaythai dan senam artistik pada hari Minggu ini (3/10/2021).

Berikut IDN Times merangkum kabar terkini perjuangan para utusan Sulsel pada beberapa cabor di hari ke-12 PON XX Papua 2021.

1. Emas pertama dari cabang olahraga muaythai, ada juga tambahan perak dan perunggu

Hari ke-12 PON Papua: Sulsel Berhasil Menyabet Dua Medali EmasPara peraih medali di cabor muaythai kelas -45 kg putri PON XX Papua 2021 yakni Irsalina asal Aceh (perak, paling kiri), Sri Eviyanti asal Sulawesi Selatan (emas, kedua dari kiri), Putu Fitri Herlina asal Kalimantan Timur (perunggu, dua dari kanan) dan Isnawati asal Banten (perunggu, paling kanan). (PB PON XX PAPUA / Rahmat Takbir)

Penantian emas Sulsel akhirnya berakhir pada hari ini. Sri Eviyanti keluar sebagai jawara cabor muaythai kelas -45 kg putri. Di partai final yang berlangsung di GOR STT GIDI Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu siang (3/10/2021), ia mengalahkan wakil asal Aceh yakni Irsalina.

Ada juga perak dan perunggu disumbang atlet muaythai Sulsel di hari yang sama. Zul Bimantara harus puas sebagai juara dua usai dikalahkan wakil Lampung, Mitra Edisyah Putra Waruwu, di final nomor 54 kg putra.

Sementara itu, Nadya Indah Royani menyabet perunggu nomor waikru putri. Poin yang terkumpul di babak final tak cukup untuk menyalip perolehan milik runner-up Luh Mas Sri Dianawati asal Bali dan sang wakil Papua sekaligus juara yakni Tiara LK Manongga.

2. Senam artistik sumbang emas kedua, menang poin tipis atas Jawa Barat

Hari ke-12 PON Papua: Sulsel Berhasil Menyabet Dua Medali EmasPeraih medali emas cabor senam artistik nomor "Uneven Bars" PON XX Papua 2021 asal Sulawesi Selatan, Muthia Nur Cahya (tengah), dalam upacara penyerahan medali di Istora Lukas Enembe Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu 3 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Muh. Alwi)

Tak perlu waktu lama, Sulsel memetik emas keduanya. Kali ini datang dari cabor senam artistik nomor perorangan per alat - palang bertingkat (Uneven Bars/Kompetisi III) putri.

Dalam final yang berlangsung di Istora Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu sore (3/10/2021), Muthia Nur Cahya tampil sebagai juara usai mengumpulkan poin sebanyak 11.033.

Muthia unggul tipis dari Tasza Miranda Devira, wakil Jawa Barat, yang mendapat 11.000 poin. Sementara dua wakil DKI Jakarta, Nadia Indah serta Armartiani, masing-masing mengantongi 10.500 dan 10.167 poin.

3. Tim basket putri melaju ke semifinal, sisihkan dua unggulan

Hari ke-12 PON Papua: Sulsel Berhasil Menyabet Dua Medali EmasPebasket putri Sulawesi Selatan, Siti Fatimah (kiri), berusaha melewati adangan dua pemain tim Papua dalam laga babak penyisihan Pool Y cabor basket nomor 5x5 putri di GOR Basket Mimika Sport Complex, Minggu 3 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Rocky Padila)

Tim basket putri berhasil melaju ke semifinal sekaligus memberi kejutan. Berhadapan dengan Papua pada laga terakhir babak penyisihan Pool Y di Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Minggu pagi (3/10/2021), mereka berhasil menang dengan skor 45-68.

Sebelumnya, Azizah Abas dkk berhasil menekuk DKI Jakarta dengan skor 66-56 saat saling jajal pada Kamis lalu (30/9/2021).

Capaian anak asuh Eddy Winarso itu kian spesial sebab mereka keluar sebagai juara grup, menyisihkan Papua dan DKI Jakarta yang notabene berstatus unggulan.

Untuk mengetahui siapa lawan di semifinal, mereka harus menunggu hasil pertandingan Pool X yang digelar pada Senin besok (4/10/2021) dan Selasa mendatang (5/10/2021).

4. Bekuk tuan rumah Papua, tim biliar putra melaju ke perempat final

Hari ke-12 PON Papua: Sulsel Berhasil Menyabet Dua Medali EmasAtlet biliar Sulawesi Selatan, Ahmad Riswan Adiputra, dalam laga babak 16 besar cabor biliar nomor "15 ball double" PON XX Papua 2021 di GOR Biliar SP 2, Mimika, melawan Papua pada Minggu 3 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Andry Prasetyo)

Dari cabor biliar nomor "15 ball double", tim putra Sulsel berhasil mengalahkan tuan rumah Papua dengan skor telak 5-0. Di laga babak 16 besar Pool B yang berlangsung di GOR Biliar SP 5, Kabupaten Mimika, Minggu malam (3/10/2021), duo Ismail Kadir dan Ahmad Riswan Adiputra tampil amat dominan.

Hasil ini membawa Sulsel melaju ke babak perempat final. Selanjutnya, mereka sudah ditunggu Banten dalam laga yang berlangsung pada Senin malam (4/10/2021) esok.

5. Tercatat sudah ada 8 medali diraih oleh Sulsel

Hari ke-12 PON Papua: Sulsel Berhasil Menyabet Dua Medali EmasPesenam artistik putri Sulawesi Selatan Muthia Nur Cahya di PON XX Papua, Minggu (3/10/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dengan tambahan empat medali (termasuk sepasang emas) di ke-12 PON, Sulsel langsung melesat dari posisi 21 ke peringkat 9 klasemen perolehan medali. Rinciannya yakni 2 emas, 3 perak serta 3 perunggu.

Perolehan Sulsel untuk sementara lebih banyak ketimbang dua "tetangganya" yakni Sulawesi Utara di peringkat 10 (5 medali, 2 emas) dan Sulawesi Tenggara (3 medali, 2 emas).

Akankah ada emas berhasil dipersembahkan lagi besok?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya