Tinju Jadi Andalan Kontingen Sulsel Dulang Medali PON

12 petinju Sulsel siap meraih hasil maksimal

Makassar, IDN Times - Petinju Sulawesi Selatan mulai bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, hari ini, Selasa (10/9/2024). Pada hari pertama, ada tiga petinju Sulsel yang akan bertarung di Auditorium Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar, Sumut.

Tinju jadi salah satu cabang olahraga andalan kontingen Sulsel untuk mendulang medali di PON. Para petinju Sulsel diharapkan menyumbangkan medail emas.

"Target Sulsel bisa mendulang medali emas sebanyak-banyaknya, termasuk dari Cabor Tinju," kata Zulkifli Tahir, tim Humas, Media, dan Acara Satgas KONI Sulsel, Selasa.

Baca Juga: 12 Petinju Sulsel Siap Berlaga di PON Aceh-Sumut 2024

1. Tiga petinju bertanding di hari pertama

Tinju Jadi Andalan Kontingen Sulsel Dulang Medali PONPetinju Sulsel bersama Ketua Pengprov Pertina Sulsel Harpen Reza Ali bersiap menghadapi PON XXI Aceh-Sumut 2024. (Dok. Istimewa)

Atlet yang berlaga terdiri dari dua atlet putri dan satu putra. Petinju putri Andini di partai pertama kelas 45-48 Kg. Peraih medali perunggu pada Babak Kualifikasi (BK) PON 1 di Makassar ini akan menantang salah satu petinju yang diunggulkan dari Jawa Barat Jesika Umbas. Di partai berikutnya petinju putri Sulsel lainnya yakni Febi Meilanda akan berhadapan petinju tuan rumah di kelas 57-60 Kg, Maulisa.

Petinju Sulsel lainnya adalah Abraham Masihor. Dia adalah peraih medali emas kelas 57-60 Kg dan terpilih sebagai petinju terbaik BK 1 Makassar 2023. Di babak penyisihan putra mantan petinju nasional peraih medali emas SEA Games 1998 ini ditantang wakil dari Provinsi Maluku, Yulius Flando.

Di atas kertas dari 15 peserta di kelas 57-60 Kg, Abraham memang lebih diunggulkan. Selain sebagai peraih medali emas, Babam, sapaan akrabnya juga dinobatkan sebagai petinju terbaik BK 1 di Makassar 2023 lalu.

2. Pelatih optimistis para petinju meraih hasil maksimal

Tinju Jadi Andalan Kontingen Sulsel Dulang Medali PON12 atlet tinju Sulsel menjalani pemusatan latihan di Makassar jelang bertanding di PON XXI Aceh-Sumut 2024. (Dok. Istimewa)

Pelatih tinju Sulsel Dufri Masihor optimis ketiga anak asuhnya yang akan bertarung di pesta akbar olahraga nasional empat tahunan ini bisa meraih hasil maksimal.

‘’Saya yakin tiga petinju kami bisa meraih hasil maksimal. Dengan catatan mereka bisa mengikuti instruksi pelatih,” kata Dufri Masihor.

Hal senada disampaikan Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengprov Pertina) Sulsel, Harpen Reza Ali yang turun mendampingi atlet binaanya sejak persiapan di Makassar hingga berada di Pematang Siantar, Sumut.

‘’Sebelum menuju PON, 12 atlet Sulsel menjalani persiapan yang cukup matang. Saatnya para atlet membuktikan diri kalau mereka mampu mengalahkan lawan-lawannya tanpa pandang bulu,” ucapnya.

3. Jumlah petinju Sulsel di PON bertambah

Tinju Jadi Andalan Kontingen Sulsel Dulang Medali PONAtlet tim tinju PON Sulsel try out ke Bali dan Filipina. (Dok. Istimewa)

Untuk diketahui pada PON XX Papua 2021 lalu Sulsel hanya meraih satu medali perunggu dari lima atlet yang lolos PON. Di semi final Josua Holi Masihor yang turun di kelas 49-52 Kg, kalah angka dari Ingatan Illahi, petinju Pelatnas persiapan SEA Games asal Provinsi Riau.

Saat ini Holi, sapaanya kembali lolos PON XXI Aceh-Sumut 2024. Kali ini dia bermain di kelas 51-54 Kg putra.

Baca Juga: Petinju Sulsel Wakili Indonesia di Kejuaraan Tinju Dunia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya