Pecahkan Rekor, Rahmat Erwin Sumbang Emas Pertama Sulsel di PON XXI

Sulsel baru mengumpulkan tiga medali

Makassar, IDN Times - Lifter Rahmat Erwin Abdullah jadi atlet pertama menyumbangkan medali emas untuk kontingen Sulawesi Selatan, di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Rahmat jadi yang terbaik saat turun di cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg putra, di Gedung PABBSI Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kamis malam (05/09/2024). Rahmat mencatatkan total angkatan 345 Kg dan clean and jerk total 192 Kg.

Rahmat Erwin Abdullah mengungguli dua pesaingnya, yakni Handoko Meitriana asal Jawa Barat dengan total angkatan 302 Kg. Sementara, meraih perunggu Mohammad Yasin lifter asal Jawa Timur dengan total angkatan 301 Kg.

Rahmat Erwin Abdullah sekaligus memecahkan rekor PON XX Papua pada 2021 lalu atas namanya sendiri. Pada PON Papua, Erwin memiliki rekor clean and jerk total 191 Kg.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel, Yasir Machmud mengungkapkan syukur atas capaian Rahmat yang kembali mampu meraih medali emas di PON. Menurut Yasir, Rahmat lagi-lagi membuktikan kelasnya.

Terlebih, lanjut Yasir, dengan medali emas pertama dari cabang olahraga angkat besi ini, klasemen sementara Sulsel kembali terdongkrak. "Semoga cabang olahraga lainnya dapat menyumbangkan emas untuk Sulsel. Sulsel, Ewako!!," kata Yasir Machmud.

Sementara itu, Pelatih Cabor Angkat Besi Sulsel, Erwin Abdullah mengaku puas dan bersyukur dengan hasil yang diraih oleh Rahmat pada pertandingan ini. “Semoga Rahmat bisa lebih baik lagi ke depan dan mempersiapkan diri dengan baik di sejumlah kejuaraan,” singkatnya.

Sejauh ini Sulsel baru mengumpulkan tiga medali, masing-masing satu emas, perak, dan perunggu. Sulsel berada di peringkat sembilan perolehan medali. Selain emas dari angkat besi, medali didapatkan dari senam ritmik.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Usul 15 Nama Calon Pjs Kepala Daerah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya