Cedera, Atlet Dansa Bersaudara Sumbang Medali Perak untuk Sulsel

Sulsel masih berpotensi dapat medali lewat cabar dansa

Makassar, IDN Times - Sulawesi Selatan mendapatkan tambahan satu medali perak dari cabang olahraga dansa di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Medali disumbangkan dua bersaudara, Ade Tri Putra Kadiaman dan Anastasya Kadiaman di kategori Pre Amateur Latin.

Pertandingan final kategori itu berlangsung di Santika Dyandra Hotel and Convention, Medan, Selasa, 10 September 2024. Sulsel mengamankan perak meski Anastasya dalam kondisi cedera.

"Dapat medali perak, perasaannya pasti senang dengan pencapaian yang tidak mudah. Ini hasil terbaik yang bisa didapatkan hari ini," kata Adi Tri Putra Kadiaman.

Sejauh ini Sulsel mengumpulkan satu medali emas, empat perak, dan satu perunggu. Pada perolehan medali, Sulsel menempati peringkat 19.

Baca Juga: Tinju Jadi Andalan Kontingen Sulsel Dulang Medali PON

1. Cedera dialami sejak Pra PON

Cedera, Atlet Dansa Bersaudara Sumbang Medali Perak untuk SulselAtlet senam Sulsel, Ade Tri Putra Kadiaman dan Anastasya Kadiaman (kiri) meraih medali perak di PON Aceh-Sumut 2024. ( PB PON XXI/Kusuma Wijaya)

Di kelas atau kategori ini hampir semua juara-juara di Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) ikut serta. Sulsel bertemu dengan Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, dan tuan rumah Sumatera Utara.

Meskipun mengalami cedera sejak Pra PON, Anastasya Kadiaman tetap tampil dengan semangat tinggi sehingga mampu memberikan terbaiknya dalam kompetisi. Ade Tri Putra Kadiaman juga memberikan dukungan maksimal kepada adiknya dengan memastikan kehadiran tim fisioterapi selama pertandingan untuk membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh Anastasya.

"Adik saya masih cedera, makanya saya minta sama pengurus KONI dan sempat bicara juga dengan Kabid di Dispora, saya minta selama bertanding tim fisioterapi itu ada menemani, karena saya tahu adik saya akan terus kesakitan, sakitnya mulai dari engkel, lutut sampai panggul belakang," jelasnya.

2. Ade Tri Putra latihan dansa sejak usia lima tahun

Cedera, Atlet Dansa Bersaudara Sumbang Medali Perak untuk SulselAtlet senam Sulsel, Ade Tri Putra Kadiaman dan Anastasya Kadiaman meraih medali perak di PON Aceh-Sumut 2024. ( PB PON XXI/Kusuma Wijaya)

Ade Tri Putra Kadiaman meraih prestasi di PON berkat komitmen dan dedikasi sejak usia dini. Mulai latihan dansa di usia lima tahun, dia kemudian menekuni jalannya sebagai atlet sejak tahun 2008.

Dukungan serta arahan dari orang tua yang memiliki jiwa kompetitif turut berperan penting dalam membentuk kesuksesannya dalam bidang olahraga.

"Jadi kami tidak ke mana-mana (olahraga lainnya), jadi peran orang tua sangat penting," ucap anak dari John Kadiaman dan Joke Suria Tan ini. 

3. Sulsel masih berpeluang dapat medali di cabor dansa

Cedera, Atlet Dansa Bersaudara Sumbang Medali Perak untuk SulselIlustrasi medali emas PON Aceh-Sumut 2024. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ade Tri Putra Kadiaman masih akan bertanding dalam kategori FFA Cha Cha Cha. Dia berani memasang target tinggi, yaitu medali emas.

"Selain saya, jadi masih ada atlet lagi yang bertanding. Mudah-mudahan kita mengumpulkan medali khususnya emas," kata dia.

Baca Juga: Pj Gubernur Semangati Atlet Sulsel di PON Aceh-Sumut

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya