TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Memberikan Hewan Peliharaan pada Orang Lain, Jangan Sembarangan

Berikan hewan peliharaanmu pada orang yang terpercaya

ilustrasi anjing dan pemiliknya (pexels.com/Bethany Ferr)

Memberikan hewan peliharaan kepada orang lain memang menjadi keputusan yang tidak mudah dan penuh pertimbangan. Biasanya seseorang memberikan hewan peliharaannya kepada orang lain apabila sudah tidak mampu lagi dalam mengurus, sehingga khawatir jika hewan tersebut akan tersiksa jika tetap bersamanya.

Sebelum menyerahkan hewan peliharaan ke tangan orang lain tentunya ada banyak hal yang perlu dipikirkan matang-matang, sehingga bisa memastikan bahwa penerima siap secara emosional dan finansial untuk mengurus hewan tersebut dengan baik. Oleh sebab itu, ada beberapa tips penting berikut ini yang perlu kamu perhatikan jika akan memberi hewan peliharaan pada orang lain agar nantinya tetap berjalan aman.

1. Pastikan bahwa orang tersebut mampu memelihara dengan baik

Sebelum memberikan hewan peliharaan tentu ada baiknya jika kamu dapat memastikan bahwa orang yang akan menerimanya benar-benar serius. Biasanya orang yang serius untuk merawat hewan tertentu akan memiliki keinginan yang tinggi dan juga kemampuan untuk mengurusnya dengan baik.

Coba tanyakan secara langsung apakah memang orang tersebut siap bertanggung jawab atas kebutuhan hewan tersebut, termasuk dalam urusan biaya, makanan, perawatan kesehatan, hingga perhatian harian yang diperlukannya. Jangan menganggap bahwa semua orang mungkin menyukai atau pun siap memiliki hewan, sebab memeliharanya tentu membutuhkan komitmen jangka panjang.

2. Sesuaikan hewan dengan gaya hidup dari penerima

Pertimbangan lain yang mungkin perlu kamu perhatikan adalah gaya hidup yang dimiliki oleh penerima hewan tersebut. Setiap orang mungkin memiliki gaya hidup yang berbeda-beda dan ternyata tidak semua hewan cocok untuk gaya hidup tertentu, sehingga perlu kamu perhatikan terlebih dahulu.

Pastikan hewan yang akan kamu berikan memang sesuai dengan kebiasaan dan juga rutinitas dari penerima. Salah satu contohnya adalah jika penerima sering berpergian atau pun memiliki rutinitas yang sibuk, maka hewan yang membutuhkan perawatan minimal biasanya akan lebih cocok. Sebaliknya jika hewan tersebut lebih aktif seperti hari, maka akan membutuhkan pemilik yang mempunyai waktu lagi senggang untuk jalan-jalan atau pun bermain.

3. Berikan informasi lengkap tentang hewan peliharaan

Sebelum memberikan hewan peliharaan tentu ada baiknya jika kamu dapat memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Informasi tersebut berkaitan dengan hewan peliharaan, termasuk mengenai riwayat kesehatan, kebiasaan makan, tips perawatan, hingga kebutuhan khusus yang mungkin diperlukan.

Informasi yang ada tentunya sangat penting agar penerima dapat merawat hewan tersebut dengan baik dan memahami segala kebutuhan khusus yang mungkin dimilikinya. Jika hewan tersebut memang memiliki riwayat medis tertentu, maka sangat penting untuk memberikan catatan dari dokter hewan agar pemilik barunya dapat mengetahui hal tersebut.

4. Persiapkan diri dan waktu untuk transisi

Proses transisi yang diperlukan memang seringkali membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga cukup membingungkan bagi hewan peliharaan. Hal ini karena memang hewan peliharaan sering kali tidak terbiasa untuk pindah ke lingkungan baru, sehingga membutuhkan waktu tersendiri.

Jika memungkinkan maka berikan waktu bagi penerima dan juga hewan untuk saling mengenal terlebih dahulu sebelum melakukan serah terima sepenuhnya. Kamu juga bisa membantu dengan memberikan barang-barang yang familier bagi hewan tersebut, seperti mainan atau pun tempat tidur agar mereka tetap nyaman di rumah barunya.

Tips-tips di atas bisa membantumu untuk membantu memilih orang yang tepat dalam memberikan hewan peliharaan. Hal ini penting karena memang pemilik baru tentunya harus memiliki komitmen yang baik dan kemampuan dalam merawat hewan tersebut dengan penuh kasih sayang. Pertimbangkan matang-matang sebelum memberikannya kepada orang lain!

Sumber:

https://www.humanesociety.org/resources/need-find-your-pet-new-home

https://www.webmd.com/pets/features/giving-pets-as-gifts

https://www.mdspca.org/resource/tips-on-re-homing-your-pet/

Baca Juga: 4 Tanda Kamu Sudah Tidak Mampu Mengurus Hewan Peliharaan

Verified Writer

Alva Daria

Once you win, once you learn.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya