TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tanda Kamu Sudah Tidak Mampu Mengurus Hewan Peliharaan

Jangan memaksakan diri jika sudah tidak mampu

ilustrasi hewan peliharaan (unsplash.com/Tran Mau Tri Tam ✪)

Intinya Sih...

  • Hewan peliharaan butuh perawatan yang konsisten dan optimal
  • Ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar, interaksi, dan biaya bisa menjadi tanda tidak mampu merawat dengan baik
  • Kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan harus diperhatikan agar tidak mengalami masalah kesehatan

Memiliki hewan peliharaan sebetulnya membawa tanggung jawab yang besar karena memerlukan waktu sumber daya hingga perhatian yang konsisten. Namun, pada beberapa situasi mungkin kamu kerap dihadapkan pada situasi yang sulit untuk bisa memberikan perawatan yang optimal bagi hewan peliharaan tercinta.

Jika beban tanggung jawab semakin besar, mungkin kamu mulai merasa tidak mampu lagi dalam mengurus mereka secara maksimal, meski hal tersebut sudah pasti akan sulit diakui. Oleh sebab itu, kamu harus mengenali beberapa tanda berikut ini yang menunjukkan bahwa kamu sebetulnya sudah tidak mampu lagi dalam merawat hewan peliharaan tersebut, sehingga jangan dipaksakan.

1. Tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya

Hewan peliharaan sudah pasti memiliki kebutuhan dasar yang berbeda-beda, entah itu dalam urusan makanan, obat obatan, mainan hingga peralatan yang digunakannya sehari-hari. Tanda yang paling jelas untuk menunjukkan ketidakmampuanmu dalam memelihara mereka adalah merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar dari hewan tersebut.

Ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar bisa berkaitan dengan sulitnya memberi makan secara tepat waktu, menyediakan air bersih, menjaga kebersihan kandang. hingga ketidakmampuan dalam memberikan segala hal yang diperlukan oleh hewan tersebut. Jika memang kamu merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan yang ada secara konsisten, maka ini mungkin menunjukkan bahwa kamu sudah tidak mampu mengurus mereka secara optimal.

2. Kurangnya waktu untuk berinteraksi dan juga bermain

Hewan peliharaan pada dasarnya bukan hanya memerlukan perawatan saja secara fisik, namun juga interaksi sosial hingga stimulasi mental yang ada. Jika kamu terlalu disibukkan dengan urusan pekerjaan, maka wajar rasanya apabila sulit untuk bermain atau pun berinteraksi dengan hewan peliharaan.

Ternyata ketidakmampuan dalam berinteraksi dan bermain bersama hewan peliharaan dapat membawa dampak negatif untuk kesejahteraan mental mereka. Hewan yang kurang perhatian akan cenderung mudah mengalami risiko stres, kebosanan, hingga depresi yang tentunya akan sangat memengaruhi perilaku dan juga kondisi kesehatannya untuk jangka panjang.

3. Biaya perawatan mulai terasa tidak terkendali

Kamu perlu memperhatikan soal biaya perawatan yang dibutuhkan dalam merawat hewan peliharaan, sebab biasanya hal ini tidak murah. Merawat hewan peliharaan memerlukan biaya yang cukup besar, termasuk dalam urusan makanan, perawatan kesehatan, hingga kebutuhan kebutuhan pendukung lainnya, seperti mainan hingga aksesoris.

Jika kamu mulai mengalami kesulitan dalam mengelola anggaran yang ada untuk merawat hewan peliharaan, maka ini akan membuatmu jadi tidak mampu lagi dalam menyediakan perawatan yang layak. Ternyata kurangnya perawatan medis sudah pasti dapat menurunkan kesehatan dari hewan, peliharaan terutama jika memang mereka benar-benar membutuhkan perawatan medis yang khusus dan maksimal.

4. Sering mengabaikan kesehatan dan juga kebersihan hewan

Sebetulnya sangat penting sekali untukmu dalam memperhatikan kesehatan dan juga kebersihan hewan peliharaan agar nantinya dapat diurus dengan baik. Namun, kamu perlu mengantisipasi jika mulai mengalami kesulitan untuk mengurus hewan peliharaan secara optimal, sehingga sering mengabaikan kondisi kesehatan dan juga kebersihan mereka sehari-hari.

Beberapa contoh yang menunjukkan ketidakmampuanmu dalam mengurus mereka dapat terlihat dari hewan peliharaan yang mudah mengalami sakit, jarang dimandikan, hingga kondisi kandangnya yang tidak terawat. Hewan yang dibiarkan dalam kondisi tidak sehat atau pun kotor sudah pasti akan lebih rentan dalam mengalami berbagai masalah kesehatan, entah itu infeksi kulit atau pun berbagai penyakit serius lainnya.

Sebetulnya jika memang kamu bisa lebih cermat dalam memahami tanda-tanda di atas, maka bisa kembali mengevaluasi kemampuan untuk merawat hewan peliharaan. Jika memang sekiranya tidak bisa lagi, maka kamu mungkin bisa mencari bantuan atau pun mempertimbangkan untuk memberikan hewan tersebut ke orang lain yang lebih mampu. Jangan memaksakan diri untuk tetap merawat jika tidak mampu!

Sumber:

https://www.rspca.org.uk/adviceandwelfare/pets/unwantedpets#:~:text=You%20might%20consider%20giving%20them,an%20expert%20clinical%20animal%20behaviourist.

https://www.humanesociety.org/resources/need-find-your-pet-new-home

https://www.paws.org/adopt/cant-keep-your-pet/

Baca Juga: 5 Hewan yang Pernah ke Luar Angkasa, dari Anjing hingga Kura-Kura

Verified Writer

Alva Daria

Once you win, once you learn.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya