Polrestabes Kerahkan Ribuan Petugas di Pilkada Makassar

Polrestabes juga minta bantuan 800 personel Polda Sulsel

Makassar, IDN Times - PolrestabesMakassar mulai ancang-ancang mengawal pengamanan pemilihan kepala daerah yang puncaknya pada 9 Desember 2020. PilkadaMakassar bakal masuk tahap pendaftaran bakal calon pada 4-6 September mendatang.

Makassar merupakan satu dari 12 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada Serentak 2020 di Sulawesi Selatan. Kepala Polrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono mengatakan, ribuan personel akan dikerahkan untuk memastikan pilkada berlangsung aman dan kondusif.

"Kita sudah siapkan dua pertiga kekuatan Polrestabes, sekitar 1.500 personel," kata Kapolrestabes saat dihubungi IDN Times, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga: Sepekan Menegangkan Kandidat di Pilkada Makassar, Ada yang Terdepak?

1. Polrestabes masih butuh bantuan 800 personel

Polrestabes Kerahkan Ribuan Petugas di Pilkada MakassarApel gelar pasukan Operasi Lilin 2019 Pengamanan Nataru di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (19/12) / Istimewa

Menurut Yudhiawan, kekuatan 2/3 personel masih kurang untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Makassar. Karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan Polda Sulsel agar diberi bantuan petugas. Dibutuhkan setidaknya tambahan 800 personel lagi.

Permintaan penambahan personel, kata dia, untuk mengantisipasi hal-hal yang berpotensi menimbulkan gesekan di masyarakat. Petugas disiagakan sejak awal tahapan hingga hari pencoblosan.

2. Selain TPS, lokasi kampanye juga jadi fokus pengamanan

Polrestabes Kerahkan Ribuan Petugas di Pilkada MakassarBrimob Polda Sulsel. IDN Times/Polda Sulsel

Yudhiawan mengungkapkan, Polretabes juga bakal berfokus mengamankan tahapan kampanye. Pihaknya masih berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu untuk membahas persiapan teknis.

Yudhiawan menambahkan, karena pandemik COVID-19, personel yang bertugas di lapangan, selalu diingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, mengatur jarak hingga rajin mencuci tangan.

"Itu juga wajib," ungkapnya.

3. KPU batasi massa pendukung pada masa pendaftaran

Polrestabes Kerahkan Ribuan Petugas di Pilkada MakassarSimulasi pendaftaran bakal calon Pilkada Makassar 2020. Dok. KPU Makassar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membatasi jumlah orang, pada pendaftaran pasangan bakal calon Pilkada, yang dibuka pada 4-6 September 2020. Pendaftaran digelar di Kantor KPU Makassar, Jalan Perumnas Raya Antang, Kecamatan Manggala.

Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan, pihaknya membatasi orang yang masuk bersama bakal calon ke halaman kantor. Selain alasan keamanan, pembatasan juga untuk menghindari penumpukan massa di situasi pandemik.

“Yang bisa masuk di halaman KPU maksimal 15 orang,” kata Gunawan kepada wartawan di Makassar, Kamis (27/8/2020).

KPU Makassar mengimbau massa pendukung bakal calon agar tidak ikut datang saat pendaftaran. Itu supaya tidak terjadi penumpukan massa di sekitar lokasi.

Meski begitu, orang-orang yang tidak bisa masuk ke area kantor tetap bisa menyaksikan prosesi pendaftaran. KPU Makassar menyediakan layar menghadap ke luar, yang menampilkan proses pendaftaran bakal calon.

Baca Juga: KPU Makassar Batasi Massa Pendukung pada Pendaftaran Bakal Calon

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya