Polda Sulsel Cek Sembako saat Ramadan, Awas Mainkan Harga!

Penimbun dan pemain harga sembako ditindak tegas

Makassar, IDN Times - Polda Sulawesi Selatan bakal rutin mengecek ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok pada bulan Ramadan. Pemeriksaan meliputi pasar-pasar tradisional, baik di Makassar maupun daerah lainnya.

Pengecekan tersebut untuk menjamin ketersediaan stok bagi masyarakat serta mencegah adanya pihak yang memainkan harga.

"Ini perintah Bapak Kapolri untuk Bapak Kapolda, dan Bapak Kapolda juga memerintahkan, jajaran Polres," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel Kombes Komang Suartana kepada IDN Times, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga: Stok Solar Bersubsidi di Sulsel Menipis, Stabilitas Ekonomi Terusik

1. Polisi mulai cek pasar jelang Ramadan

Polda Sulsel Cek Sembako saat Ramadan, Awas Mainkan Harga!Pengecekan harga sembako jelang Ramadan oleh petugas gabungan Polsek Mamaja, Polrestabes Makassar, Polda Sulsel. (Dok. Polda Sulsel)

Komang mengatakan, dalam inspeksi pasar sepekan terakhir, pihaknya juga menelusuri ada atau tidaknya penimbun sembako atau pedagang yang memainkan harga. Salah satu kebutuhan prioritas adalah minyak goreng.

Menurut Komang, dalam momentum jelang Ramadan seperti ini, masyarakat biasanya banyak mencari kebutuhan.

"Makanya kita antisipasi jangan sampai ada hal-hal yang merugikan masyarakat di saat-saat kebutuhan itu banyak dicari," ujar Komang.

2. Satgas pangan tindak tegas penimbun

Polda Sulsel Cek Sembako saat Ramadan, Awas Mainkan Harga!Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Hasil penelusuran sementara kepolisian, harga bahan kebutuhan pokok seperti minyak goreng kemasan premium di pasaran masih sesuai dengan ketentuan. Untuk minyak kemasan, per liternya Rp28.000 sedangkan dua liter berkisar Rp50.000 sampai dengan Rp55.000.

"Kalau memang tidak sesuai juga dari harga yang sudah ditentukan Kementerian Perdagangan, segera dilaporkan nanti akan ditindak oleh satgas pangan masing-masing daerah. Untuk (kebutuhan pokok) yang lain juga terus kita pantau," katanya.

3. Kapolri instruksikan jajaran cek ketersediaan setiap hari

Polda Sulsel Cek Sembako saat Ramadan, Awas Mainkan Harga!Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok. Humas Polri)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolda dan jajarannya untuk setiap hari mengecek harga dan ketersediaan kebutuhan pokok jelang Ramadan. Khususnya harga dan stok minyak goreng.

Sigit menyatakan kebutuhan warga akan sembako harus tetap terpenuhi. Terutama pada momen khusus seperti bulan Ramadan.

"Harus terus kita cek dan kemudian kita pastikan seluruh kegiatan distribusi berjalan baik. Ini akan kita ikuti terus," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya usai berkunjung ke Surabaya, pekan lalu, Sabtu (26/3/2022).

Baca Juga: Ratusan Botol Miras Impor dan Barang Ilegal di Makassar Dimusnahkan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya