Museum Dibobol Maling, Pusaka Kerajaan Bone di Sulsel Hilang

Benda pusaka tak ternilai dengan uang

Makassar, IDN Times - Benda pusaka peninggalan Kerajaan Bone, yang tersimpan di Museum Lapawawoi, Jalan MH Thamrin, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dikabarkan hilang. Peristiwa itu baru diketahui petugas museum, pada Senin (17/1/2022) pagi.

"Barang-barang yang hilang itu 95 persen. Kejadian diperkirakan pada Sabtu malam (15/1), karena staf museum masih berkantor pada Sabtu itu, dan pulang setengah 5 sore," kata Kepala Dinas Kebudayaan Bone, Andi Ansar Amal kepada jurnalis saat dihubungi, Senin sore.

1. Beragam jenis benda pusaka yang hilang

Museum Dibobol Maling, Pusaka Kerajaan Bone di Sulsel HilangIlustrasi benda bersejarah di museum. (IDN Times/Gideon Aritonang)

Ansar mengatakan, peristiwa pusaka Kerajaan Bone hilang diketahui saat petugas kembali berkantor di museum dan melihat kondisi pintu yang rusak. "Sebetulnya kalau kita melihat di lokasi sana itu ada pengrusakan pintu kemudian ada (ditahu) kehilangan barang," ujar Ansar.

"Banyak-banyak (barang hilang), barang yang tidak ternilai harganya. Termasuk ada duplikat rambutnya Raja Bone Arung Palakka, stempel kerajaan, uang kuno, kemudian beberapa benda tajam (pusaka)," jelas Ansar.

2. Dinas Kebudayaan Bone telah melapor ke polisi

Museum Dibobol Maling, Pusaka Kerajaan Bone di Sulsel HilangAntara/Oky Lukmansyah

Selain kehilangan benda pusaka, banyak barang seperti lemari tempat penyimpanan yang berpindah tempat. Ansar curiga, pencurian ini telah direncanakan. Pencuri seolah mengetahui kondisi museum. "Pintu di belakang dan pintu depan, pintu kepala museum juga dirusak, dicungkil," tegasnya.

Ansar juga memperkirakan bahwa aksi pencurian ini terjadi pada, Minggu (16/1/2022) malam. Pihaknya telah melaporkan kasus ini ke polisi. "Alhamdulillah, sudah. Pihak kepolisian sudah identifikasi, sudah datang tim Inafis Polres Bone sudah datang," imbuh Ansar.

Baca Juga: KIPI Sulsel: Kematian Dua Warga Bone Tidak Terkait Vaksin

3. Polisi selidiki kasus pencurian benda pusaka

Museum Dibobol Maling, Pusaka Kerajaan Bone di Sulsel HilangIlustrasi/Sukma Shakti/IDN Times

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, telah menginstruksikan anggotanya menyelidiki kasus benda pusaka Kerajaan Bone yang hilang itu.

"Saya sudah telepon ke Kapolresnya, itu masih dicek di anggota Reskrim. Selanjutnya, kalau memang ada laporan akan segera dilakukan penyelidikan," tegas Komang.

Kepala Satreskrim Polres Bone, AKP Benny Pornika mengatakan, pihaknya telah mengolah tempat kejadian perkara untuk memastikan benda-benda bersejarah itu betul dicuri atau tidak. "Masih dalam analisa dan proses penyelidikan," imbuh Benny.

Baca Juga: Dua Orang di Bone Meninggal Usai Divaksinasi COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya