Menengok Ratusan Foto Situasi Pandemik COVID di Pameran PFI Makassar

Pameran foto PFI Makassar mulai 10-16 Januari di Mal Pipo

Makassar, IDN Times - Pewarta Foto Makassar (PFI) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar pameran foto dan peluncuran buku "New Normal, Life After Pandemic" di Mal Phinisi Point (Pipo), Senin (10/1/2022).

Pameran fotografi tersebut digelar sebagai refleksi perjuangan masyarakat di Makassar menghadapi pandemik COVID-19, dalam kurun dua tahun terakhir.

"Kita ingin berbagi dan menunjukkan apa saja yang terjadi selama ini, pandemi ini memberi banyak pengalaman dalam hidup," kata Ketua PFI Makassar, Iqbal Lubis dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin malam.

1. Potret perjuangan masyarakat Makassar melawan pandemik

Menengok Ratusan Foto Situasi Pandemik COVID di Pameran PFI MakassarPFI Makassar menggelar pameran karya dan peluncuran buku. Dok PFI Makassar

Iqbal mengungkapkan, banyak cerita yang hadir dan berhasil diabadikan dalam bentuk visual oleh jurnalis foto yang tergabung dalam organisasi PFI Makassar. Mulai dari kisah awal pandemik yang pilu hingga perlahan menuju new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

"Dan tentu penanganannya dan keberhasilan menekan angka COVID-19 melalui program vaksin," jelas Iqbal.

2. Pameran PFI Makassar berlangsung hingga 16 Januari 2022

Menengok Ratusan Foto Situasi Pandemik COVID di Pameran PFI MakassarKetua Panitia pameran fotografi PFI Makassar, Moh Niaz Sharif saat memberi sambutan pada pembukaan kegiatan. Senin, 10 Januari 2022. Dok. PFI Makassar

Ketua panitia pameran dan peluncuran buku foto PFI Makassar, Moh Niaz Sharif, mengatakan, kegiatan tersebut digelar hingga Minggu, 16 Januari 2022. Dia berharap masyarakat bisa hadir untuk melihat ratusan foto terkait situasi Kota Daeng dan sekitarnya di masa awal pandemik hingga saat ini.

"Dari karya visual teman-teman, kita berharap publik bisa mengetahui situasi Makassar bergelut dengan pandemik. Termasuk juga rentetan kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19," kata Niaz.

Baca Juga: Alasan Kenapa Makassar Juga Disebut Ujung Pandang

3. Karya foto PFI Makassar jadi spirit perjuangan melawan pandemik

Menengok Ratusan Foto Situasi Pandemik COVID di Pameran PFI MakassarKepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Mahyuddin/Dok PFI Makassar

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Mahyuddin, yang membuka kegiatan itu mengaku salut dengan apa yang dihasilkan oleh para pewarta foto PFI Makassar.

"Pada awal pandemi mereka bisa mengabadikan banyak momen saat semua pihak berjibaku melawan dan menanggulangi pandemi," ujar Mahyuddin.

Lebih lanjut kata Mahyuddin, di masa mendatang, potret ini bisa menjadi pengingat bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. "Agar gelombang COVID-19 bisa ditekan," imbuh Mahyuddin.

Baca Juga: Pameran Foto PFI Makassar, Merekam Awal Pandemik hingga New Normal

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya