Kemenag Khawatir Kuota Haji untuk Sulsel Dikurangi 50 Persen

Sulsel kebagian kuota 7.145 calon haji di tahun 2020

Makassar, IDN Times - Kantor Kementerian Agama Sulawesi Selatan belum bisa memastikan berapa kuota jemaah haji untuk daerahnya jika ada pemberangkatan tahun ini. Di tahun 2020, Sulsel mendapat kuota 7.145 calon haji namun batal berangkat karena COVID-19.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sulsel Ali Yafid mengatakan, pemberangkatan jemaah kemungkinan tidak akan sama dengan kuota dua tahun lalu. Sebab saat ini masih di situasi pandemik COVID-19.

"Kuota normal ini tidak semua barangkali bisa terisi. Mungkin ada pembatasan lagi," kata Ali Yafid saat dihubungi IDN Times, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia yang Berangkat Tahun Ini Tak Perlu Tes PCR

1. Kemenag Sulsel belum mengajukan penambahan kuota

Kemenag Khawatir Kuota Haji untuk Sulsel Dikurangi 50 PersenPTSP Kemenag Sulsel. IDN Times/Kemenag Sulsel

Ali menyampaikan, pihaknya belum berpikir menyampaikan penambahan kuota kepada Kemenag. Kemenag Sulsel fokus mengurus persiapan pemberangkatan sesuai kuota yang tersedia sebelumnya.

"Tapi kecuali kalau pemberangkatannya normal. Tapi saat sekarang-sekarang ini kan kondisinya belum bisa dikatakan normal," ungkap Ali.

2. Kemungkinan pemberangkatan haji dimajukan ke bulan Juni 2022

Kemenag Khawatir Kuota Haji untuk Sulsel Dikurangi 50 PersenANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Ali menyatakan, kemungkinan besar pemberangkatan jemaah di tahun ini dipercepat dari jadwal yang direncanakan. Sebelumnya, pemberangkatan dijadwalkan dimulai pada bulan Juli 2022.

"Kemungkinan kalau jadi berangkat di tahun ini di awal bulan Juni sekitar tanggal 5. Jadi memang dimajukan," kata Ali.

Rencana itu, kata Ali telah dibahas di internal Kemenag RI dan diteruskan ke Kemenag Sulsel beberapa waktu lalu. Sekarang, yang dikhawatirkan adalah rencana pemotongan jumlah kuota.

"Karena kalau dipotong 50 persen (kuota) kemungkinan berangkatnya di akhir Juni," ucap Ali.

3. Calon haji di Bantaeng paling lama menunggu antrean

Kemenag Khawatir Kuota Haji untuk Sulsel Dikurangi 50 PersenIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Kemenag Sulsel mencatat, jumlah kuota yang tersedia dari tahun ke tahun turun sekitar dua persen. Sebelumnya di tahun 2019, jumlah kuota jemaah haji Sulsel mencapai 7.247 orang.

Saat ini, calon haji di Kabupaten Bantaeng jadi yang terlama antre menunggu pemberangkatan. Masa tunggu calon haji di daerah itu mencapai 46 tahun.

Baca Juga: Kemenkes Anggarkan Rp327,67 Miliar untuk Biaya Kesehatan Haji 2022

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya