Jokowi Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa Pengontrol Banjir di Makassar

Jokowi jamin kolam berfungsi minimalisir banjir di Makassar

Makassar, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan pengoperasian Kolam Regulasi Nipa-Nipa di Kecamatan Moncongle, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3/2021).

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, kolam regulasi ini berfungsi penting untuk menanggulangi sekaligus meminimalisir potensi bencana banjir yang sering terjadi di Kota Makassar. 

"Sangat berfungsi sekali, meskipun masih ada nanti kolam regulasi yang lain yang harus dibangun utamanya ini di DAS Tallo," kata Jokowi.

1. Kolam regulasi mengurangi potensi banjir hingga 45 persen

Jokowi Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa Pengontrol Banjir di MakassarKolam Regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Instagram.com/kemenpupr

Jokowi bilang, lokasi Kolam Regulasi Nipa-Nipa mencakup tiga daerah di Sulsel. Masing-masing Kabupaten Maros, Gowa, dan Kota Makassar. Namun kolam ini akan lebih banyak manfaatnya untuk Kota Makassar. Khususnya untuk menangani persoalan banjir yang tiap tahun terus terjadi.

Jokowi mengklaim, kolam dapat berfungsi meminimalisir banjir hingga 45 persen. "Tapi lebih banyak fungsinya di Makassar," ujar Jokowi. 

2. Jokowi bersyukur proyek kolam akhirnya selesai setelah 5 tahun pengerjaan

Jokowi Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa Pengontrol Banjir di MakassarPresiden Joko Widodo berbincang dengan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman usai peresmian kolam regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Maros, Kamis (18/3/2021). Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi mengaku bersyukur karena pembangunan Kolam Regulasi Nipa-Nipa selama 5 tahun, sudah selesai dan tahun ini sudah siap untuk difungsikan.

Pembangunan kolam regulasi ini, kata Jokowi, menghabiskan anggaran Rp320 miliar. "Ini adalah kolam untuk pengaturan air, terutama pengaturan banjir dan genangan yang ada di Kota Makassar," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Kelakar Jokowi, Sebut Gubernur Sulsel Minta Banyak Sekali Proyek

3. Kolam dapat menampung volume air hingga 2,7 juta kubik

Jokowi Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa Pengontrol Banjir di MakassarPresiden Joko Widodo meresmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Maros, Kamis (18/3/2021). Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi menyebut, total luas lahan yang digunakan mencapai 83 hektare. Kolam bisa menampung volume air hingga 2,7 meter kubik. "Memang sangat luas sekali, hampir mirip dengan waduk," ucap Jokowi. 

Jokowi berharap agar Kolam Regulasi Nipa-Nipa bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, meningkatkan daya dukung dan kemajuan di Sulsel. "Memang banyak yang harus kita selesaikan sama seperti yang disampaikan pak gubernur," imbuh Jokowi. 

Baca Juga: Bandara Tana Toraja Diresmikan, Jokowi: Memotong Tiga Bukit 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya