Densus 88 Geledah Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar

Rumah pelaku diduga jadi tempat merakit bom

Makassar, IDN Times - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri, Senin (29/3/2021), menggeledah rumah L, pria pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral, Kota Makassar pada hari Minggu kemarin. Rumah yang digeledah terletak di Jalan Tinumbu, Kecamatan Bontoala Makassar.

"Dari pagi tim sampai sekarang masih bergerak untuk mencari kelompok yang bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan kepada jurnalis, Senin.

Baca Juga: Viral Foto Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar

1. Rumah diduga sebagai tempat merakit bom

Densus 88 Geledah Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri di MakassarTim Densus 88 menggeledah rumah pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar/Istimewa

Menurut penyelidikan sementara, Zulpan menyebut rumah L diduga sebagai tempat perakitan bom. Polisi masih menyelidiki lebih lanjut soal itu. "Termasuk apabila ada pihak-pihak lain yang menyiapkan bom tersebut," ucapnya.

Hingga saat ini, kata Zulpan, tim gabungan Densus 88 bersama Gegana Brimob Polda Sulsel terus mengembangkan perburuan jaringan kelompok teror yang tergabung dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 

2. Polisi cocokkan data keluarga pelaku

Densus 88 Geledah Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri di MakassarPetugas kepolisian mengangkat kantong jenazah berisi bagian tubuh dari terduga pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) (ANTARA FOTO/Indra Abriyanto)

Zulpan menjelaskan penggeledahan merupakan rangkaian penyelidikan lanjutan terhadap peristiwa bom bunuh diri. Selain menggeledah rumah, petugas DVI Polda Sulsel juga memeriksa keluarga pelaku.

"Pemeriksaan DNA untuk mencocokkan data antemortem dan postmortem kepada pelaku yang melakukan bom bunuh diri," ungkap Zulpan. 

3. Polisi selidiki foto L yang tersebar di media sosial

Densus 88 Geledah Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri di MakassarPetugas kepolisian mengangkat kantong jenazah berisi bagian tubuh dari terduga pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) (ANTARA FOTO/Indra Abriyanto)

Sebelumnya warganet tengah membicarakan sebuah foto yang dikait-kaitkan dengan peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021). Foto yang beredar di media sosial memperlihatkan dua orang yang diduga sebagai pelaku peledakan bom.

Dalam foto itu terlihat lelaki dan seseorang bercadar berboncengan sepeda motor matik warna oranye hitam. Wajah mereka terlihat jelas, begitu pun dengan nomor polisi kendaraannya. Yang menarik, karena nopol motor itu sama dengan kendaraan yang hangus di lokasi ledakan.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan menyatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi soal bukti foto itu. Tapi dia enggan buru-buru memastikan bahwa dua orang di dalam foto sebagai pelaku bom bunuh diri.

"Sedang dalam pendalaman yah," kata Zulpan saat dihubungi, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Kesaksian Karyawan Kafe Tolong Korban Bom Gereja Katedral Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya