Beraksi 7 Kali, Spesialis Pencuri Motor di Makassar Diringkus

Polisi menyebut pelaku berkomplot, satu orang masih dikejar

Makassar, IDN Times - Petugas gabungan Unit Reskrim Polsek Tamalate dan Polrestabes Makassar, baru-baru ini menangkap seorang spesialis pelaku pencurian kendaraan bermotor. Polisi menangkap pria bernama Andika Rahmat, 19 tahun, menyelidiki laporan awal tentang kehilangan sepeda motor milik seorang korban bernama Sultan Arya (19).

Motor mahasiswa salah satu kampus swasta itu dilaporkan hilang saat diparkir di tempat tinggalnya, di Jalan Alauddin III, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, pada akhir bulan Januari 2019 lalu. Dari informasi awal dan penyelidikan lapangan, polisi meringkus Andika.

"Pelaku ditangkap di Pantai Tanjung Bayang," kata Kasubbag Humas Polrestabes Makassar Kompol Supriady Idrus dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (18/2).

Baca Juga: Balapan Liar di Makassar, 172 Kendaraan Disita Polisi 

1. Polisi menyebut pelaku berkomplot

Beraksi 7 Kali, Spesialis Pencuri Motor di Makassar DiringkusBarang bukti roda dua hasil pencurian disita petugas gabungan Polsek Tamalate dan Polrestabes Makassar. IDN Times/Humas Polrestabes Makassar

Supriady mengatakan, pelaku Andika ditangkap pada hari Minggu (16/2) lalu. Warga Jalan Pabentengan, Kecamatan Tamalate, diringkus saat tengah berada Tanjung Bayang, dalam lokasi objek wisata. 

Menurut hasil pemeriksaan awal, pelaku mengaku tidak sendirian saat mencuri sepeda motor kendaraan. Polisi pun berkesimpulan bahwa pelaku tergabung dalam sebuah komplotan.

Dari penelusuran polisi, kata Supriady, satu orang rekan pelaku bernama Wandy telah ditangkap petugas lebih dulu terkait kasus narkoba. Satu orang lagi belum diketahui keberadannya.

"Satu rekan lainnya yang bernama Ipong, masih dalam pengejaran petugas," ungkap pria yang akrab disapa Edy ini.

2. Pelaku mengaku beraksi tujuh kali sejak tahun 2018

Beraksi 7 Kali, Spesialis Pencuri Motor di Makassar DiringkusIlustrasi. IDN Times/Ayu Afria

Kepada polisi, pelaku mengaku mencuri sepeda motor bersama komplotan sejak tahun 2018 hingga 2020. Setidaknya, aksi itu dilakukan di tujuh lokasi atau TKP berbeda.

Sebagian besar pencurian dilakukan di Kota Makassar. Menurut catatan kepolisian, pada Juni 2018 komplotan ini mengambil satu unit motor Vespa di Jalan Manuruki. Bulan Mei hingga Juli 2019, mereka menggasak motor hingga hingga helm, di Jalan Bontomanai, Jalan Kalumpang dan di Jalan Muhajirin, Makassar.

Aksi pelaku berlanjut dari awal hingga akhir Januari 2020. Di salah satu rumah kos mahasiswa di Samata, Kabupaten Gowa, kompolotan ini pernah mencuri satu unit motor. Mereka kembali beraksi di Jalan Mamoa V, Makassar dengan membawa motor. Aksi terakhir dilakukan di Jalan Alauddin III, sebelum tertangkap.

3. Pelaku lain dalam kompolotan ini masih diburu petugas

Beraksi 7 Kali, Spesialis Pencuri Motor di Makassar DiringkusIlustrasi pencurian motor (IDN Times/Ayu Afria)

Lebih lanjut, kata Edy, saat ini aparat masih memburu pelaku lain dalam komplotan ini. Jejak barang hasil kejahatan juga masih di diselidiki petugas. Termasuk juga soal pembagian peran dari masing-masing pelaku.

Dari penangkapan pelaku Andika Rahmat, petugas menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor yang sempat digunakan untuk beraktivitas. Pelaku saat ini masih ditahan di Mako Polrestabes Makassar untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: Bobol Rumah Polisi Siang Bolong, Pencuri di Makassar Bawa Kabur 3 HP

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya