310 Napi Rutan Makassar Selesaikan Vaksinasi Kedua

Selain napi, keluarga petugas juga ikut divaksin

Makassar, IDN Times - Ratusan narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Makassar menjalani proses vaksinasi tahap kedua, Sabtu (14/8/2021). Vaksinasi digelar di lapangan olahraga rutan.

Sebelumnya pada Sabtu 17 Juli 2021 lalu, para narapidana telah mengikuti vaksinasi tahap pertama.

"Hari ini jumlah yang melakukan vaksinasi sebanyak 390 orang, terdiri dari 310 orang warga binaan dan 80 orang petugas rutan dan keluarganya," kata Kepala Rutan Makassar, Sulistyadi salam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Baca Juga: 5.968 Napi di Sulsel Diajukan Dapat Remisi HUT ke-76 RI

1. Tidak ada yang sakit sejak proses vaksinasi pertama hingga kedua selesai

310 Napi Rutan Makassar Selesaikan Vaksinasi KeduaProses vaksinasi tahap dua Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Kelas 1 Makassar

Sulistyadi menjelaskan, warga binaan yang telah mengikuti vaksin tahap pertama hingga tahap kedua hari ini dalam kondisi stabil. Sebelum divaksin, mereka diperiksa lebih dulu oleh tim medis Klinik DR Saharjo Rutan Makassar.

Setelah kondisi kesehatan dinyatakan baik-baik saja, ratusan napi, puluhan petugas dan keluarganya melanjutkan proses vaksinasi hingga selesai.

"Tahap dua ini alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi semuanya berjalan dengan baik, tidak ada yang sakit," ucapnya.

2. Vaksinasi selanjutnya, Rutan Makassar gandeng Komisi IX DPR RI

310 Napi Rutan Makassar Selesaikan Vaksinasi KeduaProses vaksinasi tahap dua Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Kelas 1 Makassar

Sulistyadi menyampaikan, masih akan ada vaksinasi jelang momen hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebab masih ada sejumlah napi yang belum bisa divaksin dengan alasan kondisi kesehatan mereka sedang tidak stabil.

Rutan menyediakan 700 dosis vaksin Rencana vaksinasi lanjutan akan dilaksanakan dua pekan mendatang. "Kami jadwalkan di tanggal 28 Agustus 2021 dengan menggandeng Komisi IX DPR RI bersama Poltekes Makassar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar," jelasnya.

3. Tahap awal, 367 napi rutan ikut vaksin

310 Napi Rutan Makassar Selesaikan Vaksinasi KeduaProses vaksinasi tahap dua Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Kelas 1 Makassar

Sebelumnya, sebanyak 367 narapidana mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama. "Kami mengoptimalkan pengendalian penyebaran COVID-19 ini dengan memberikan vaksinasi terhadap warga binaan," kata Sulistyadi sebelumnya.

Pada tahap pertama, rutan menyediakan dosis vaksin untuk 500 orang. Hanya saja, vaksin pertama tidak semua bisa tersalurkan mengingat masih ada sejumlah napi yang kurang sehat. Selain napi, vaksin juga berlaku untuk keluarga petugas rutan.

Baca Juga: Info Vaksinasi di Makassar 13-27 Agustus 2021, Cek Syaratnya di Sini!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya