Wali Kota Danny Lantik Tiga Komisioner Ombudsman Kota Makassar

Makassar-lah kota satu-satunya yang memiliki Ombudsman

Makassar, IDN Times - Tiga komisioner Ombudsman Kota Makassar secara resmi mulai bertugas hari ini, Senin (29/4). Hal tersebut ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto di Ruang Sipakalebbi, Balai Kota Makassar.

Mereka yang dilantik ialah Andi Ihwan Patiroy, SP, MM, Dr. Muhamaad Irwan, SH, MH, dan Nurul Fitratullah Abbas, SE.

Wali Kota Danny menyampaikan, pelantikan tersebut menandai lengkap sudah organ-organ penting yang menjadi bagian khas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

1. Ombudsman berfungsi menerima keluhan-keluhan masyarakat tentang pelayanan publik

Wali Kota Danny Lantik Tiga Komisioner Ombudsman Kota MakassarIDN Times/Pemkot Makassar

Ombudsman kota sendiri tidak pernah ada di Indonesia. Artinya, Makassar-lah kota satu-satunya yang memiliki Ombudsman.

Oleh karena itu, Danny menyebut Makassar memang pantas meraih predikat terbaik dan tertinggi secara nasional penyelenggaraan pemerintah daerah, yang baru-baru ini diterima di Banyuwangi.

Hal tersebut merupakan niat baik mewujudkan birokrasi yang baik pula dengan mekanisme terukur. Dengan begitu, Danny mengatakan, semangat menghadirkan pemerintah yang lebih transparan dan terbuka bisa terlaksana.

“Ombudsman berfungsi menerima keluhan-keluhan masyarakat tentang pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah,” ucap Danny.

2. Tingkat kepuasan masyarakat makin hari makin tinggi dan keterbatasan SDM yang dimiliki menjadi tantangan Makassar

Wali Kota Danny Lantik Tiga Komisioner Ombudsman Kota MakassarIDN Times/Pemkot Makassar

Menurut Danny, kota-kota seperti Makassar dengan tingkat kepuasan masyarakat makin hari makin tinggi dan keterbatasan SDM yang dimiliki menjadi tantangan tersendiri untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Termasuk tekanan politik yang melekat pada birokrat yang banyak menurunkan kualitas layanan publik.

“Karena itu, kehadiran Ombudsman menjadi salah satu saluran ketidakpuasan masyarakat yang akan menjadi masukan pemerintah untuk berbuat lebih baik lagi,” tutur Danny.

3. Tingkat kepuasan masyarakat Makassar terhadap layanan publik pemerintah makin baik

Wali Kota Danny Lantik Tiga Komisioner Ombudsman Kota MakassarIDN Times/Pemkot Makassar

Banyaknya aduan yang masuk tentang buruknya pelayanan publik yang diselenggarakan di instansi tertentu menjadi bagian pertimbangan untuk dilakukannya penyegaran di struktur birokrasi.

Oleh karena itu, Danny meyakini mutasi jabatan dan reshuffle kabinet di struktur pemerintahannya selama ini tepat. Terbukti, tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan publik pemerintah makin baik. Makassar pun kembali dinyatakan tertinggi dan terbaik secara nasional Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), serta kembali mendapatkan Samkaryanugraha Prasamya Purnakarya Nugraha.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya