Peringati Hardiknas, Wali Kota Danny: Guru Harus Terus Update

Saat ini peserta didik didominasi generasi Z

Makassar, IDN Times — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyebutkan bahwa seorang guru harus terus update setiap harinya. Hal tersebut dikatakan saat ia menjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Kamis (1/5).

“Pendidikan hari ini membuat kita sadar sebagai pendidik agar terus meng-update ilmu yang dimiliki. Tantangannya makin besar, generasi Z yang kita hadapi ini butuh pendampingan lebih. Inilah tantangan pendidikan nasional saat ini,” ucap Wali Kota Danny. 

1. Guru dapat memanfaatkan teknologi untuk terapkan pendidikan berbasis teknologi digital

Peringati Hardiknas, Wali Kota Danny: Guru Harus Terus UpdateIDN Times/Pemkot Makassar

Hal senada terdapat dalam sambutan Mendikbud yang dibacakan Wali Kota Danny. Isinya mengatakan bahwa saat ini peserta didik kita didominasi generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sekolah dan pada guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat.

“Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan,” kata Wali Kota Danny.

2. Budaya menjadi sumber inspirasi dan daya dukung untuk kemajuan pendidikan

Peringati Hardiknas, Wali Kota Danny: Guru Harus Terus UpdateIDN Times/Pemkot Makassar

Tak hanya itu, Wali Kota Danny juga menegaskan untuk tetap berpegang teguh terhadap budaya yang ada. Menurutnya, budaya itulah yang menjadi sumber inspirasi dan daya dukung sehingga menjadi fondasi bagi kemajuan pendidikan di Kota Makassar.

3. Pada peringatan Hardiknas tersebut, Wali Danny meluncurkan 10 SMPN baru

Peringati Hardiknas, Wali Kota Danny: Guru Harus Terus UpdateIDN Times/Pemkot Makassar

Pada peringatan Hardiknas tersebut, Wali Danny meluncurkan 10  SMPN baru tanpa harus mengeluarkan biaya besar dalam hal pembebasan lahan, pembangunan gedung, penyediaan sarana pembelajaran, bahkan tanpa harus mengangkat guru dan tenaga kependidikan yang baru. Salah satunya yang menarik perhatian ialah SMPN 46 dan SMPN 47 yang terletak di Kecamatan Makassar. Wali Kota Danny bercerita dan sekaligus berterima kasih kepada Kadisdik Kota Makassar, Rahman Bando yang  berhasil menghadirkan dua SMPN di Kecamatan Makassar.

“Dulu di Kecamatan Makassar tidak ada SMPN, sekarang berkat kerja keras Pak Kadisdik Makassar warga di sana berbahagia karena sudah bisa bersekolah di daerahnya sendiri,” tutur Wali Kota Danny.

4. Salah satu siswa membacakan puisi untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota

Peringati Hardiknas, Wali Kota Danny: Guru Harus Terus UpdateIDN Times/Pemkot Makassar

Pada kesempatan ini pula, seluruh siswa di Kota Makassar hadir mempersembahkan beberapa parade, seperti tarian, fashion show, gerakan pramuka, dan yang paling menarik perhatian ialah sepenggal puisi untuk Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar, Deng Ical yang dibawakan siswa SMPN di Kota Makassar. Puisi ini dipersembahkan untuk mereka berdua di penghujung akhir jabatannya.

“Terima kasih Pak Wali dan Wawali. Berkat kalian pendidikan di Makassar semakin maju. Kalian pahlawanku.”  Mendengar puisi itu, mata Wali Kota Danny tampak berkaca-kaca. Usai pembacaan puisi, Wali Kota Danny dan Deng Ical langsung memeluk dan menyalami para siswa tersebut.

5. Daftar 10 SMPN baru yang diluncurkan Wali Kota Danny di Hardiknas

Peringati Hardiknas, Wali Kota Danny: Guru Harus Terus UpdateIDN Times/Pemkot Makassar

Berikut 10 SMPN baru yang diluncurkan Wali Kota Danny di Hardiknas:

1. SMPN 46 Makassar, Jl gunung Latimojong

2. SMPN 47 Makassar, Jl Maccini Sawah

3. SMPN  48 Makassar, Jl Hertasning Blok E 4/1

4. SMPN 49 Makassar, Jl Syekh Yusuf

5. SMPN 50 Makassar, Jl Muhammadiyah

6. SMPN 51 Makassar, Jl Tamangapa V

7. SMPN 52 Makassar, Jl Urip Sumiharjo

8. SMPN 53 Makassar, Jl Samiun

9. SMPN 54 Makassar, Jl Saharaeng Daeng Sese

10. SMPN 55 Makassar, Jl A. Paturungi

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya