Kawal Putusan MK, Warga-Mahasiswa Makassar Kumpul di Fly Over

Unjuk rasa #KawalPutusanMK

Makassar, IDN Times - Mahasiswa lintas kampus berkumpul di kawasan fly over Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (22/8/2024). Mereka bergabung bersama berbagai kelompok warga untuk berunjuk rasa mengawal putusan penting Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Undang-Undang (UU) Pilkada.

Pantauan IDN Times, massa mulai ramai memenuhi kawasan fly over sekitar pukul 14.00 Wita. Berbagai kelompok mahasiswa terlihat berdatangan dari arah kampus masing-masing. Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) misalnya, datang dengan jas almamater kuning dengan longmarch dari kampus di Jalan AP Pettarani.

Di antara massa, terdapat beragam pesan-pesan yang disampaikan lewat poster, spanduk, dan sebagainya. Di antara bertuliskan, "Kawal Putusan MK" serta "Reformasi Dihabisi". Tidak hanya anak muda, sejumlah pria paruh baya terlihat bergabung di antara massa.

Aksi ini merupakan penolakan terhadap rencana DPR mengesahkan Revisi Undang-Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Gejolak muncul sebagai buntut dari sikap DPR yang mengabaikan putusan penting Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024. Pada Rabu (21/8/2024), Badan Legislatif (Baleg) DPR mengabaikan keputusan MK melalui penetapan draf RUU yang akan dikirim ke rapat paripurna.

Baca Juga: 'Peringatan Darurat', Ini Lokasi Demo di Makassar 22 Agustus 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya