Jenazah Korban Penembakan di Papua Tiba di Pangkalan TNI AU Maros

Panglima tak mau diwawancarai

Makassar, IDN Times - Jenazah korban penembakan oleh kelompok bersenjata di Papua tiba di Bandara Pangkalan Udara TNI Kabupaten Maros, Jumat (7/12) sekitar pukul 18.14 WITA. Mereka disambut keluarga masing-masing lalu mendampingi di atas mobil ambulance dan dipulangkan ke daerahnya.

Sebanyak 16 jenazah yang tiba di Maros, dua diantaranya terus ke Jakarta lalu dipulangkan ke Sumatera Utara. Korban tembak itu dibawa dengan menggunakan pesawat Hercules Alfa 1331 milik TNI AU.

 

1. Korban tembak asal Sulawesi Selatan berjumlah 8 orang

Jenazah Korban Penembakan di Papua Tiba di Pangkalan TNI AU MarosIDN Times Sulsel/Didit Hariyadi

Kepala Penerangan (Kapen) Lanud, Mayor Sus Henny Purwani mengatakan ada delapan orang warga Sulsel, diantaranya Muhammad Agus (Gowa), Fais Syaputra, (Makassar), dan masing-masing dari Tana Toraja yaitu  Lipanus Nano, Carly Fatrino, Anugrah, Dino Kondo, Daniel Karre, Markus Allo. Kemudian asal Palu yaitu Agustinus K, Yosafat, Yusran, dan Aris Usi.

“Ada juga Samuel Pakiding (Kaltim), Emanuel Beli Naikteas (NTT), keduanya dibawa ke daerahnya menggunakan kargo di Bandara Sultan Hasanuddin,” tutur Henny.  Sedangkan dua jenazah yakni Jefri Simare (Sumut), dan  Efrandi Hutagaol (Sumut) terus ke Jakarta.

 

Baca Juga: Evakuasi Korban Penembakan Papua Dihadang Kelompok Bersenjata

2. Korban diterbangkan dari Timika

Jenazah Korban Penembakan di Papua Tiba di Pangkalan TNI AU MarosIDN Times Sulsel/Didit Hariyadi

Para korban tembak ini diterbangkan menggunakan pesawat hercules dari Timika, Papua. Tiba di Maros, TNI-Polri yang membawa peti jenazah itu naik ke mobil ambulance. Kemudian mobil tersebut yang membawa korban menuju ke rumah duka dan didampingi dua keluarganya. Keluarga korban tak bisa menahan tangis saat melihat peti mati turun dari pesawat itu.

 

3. Panglima TNI dan Wakapolri tiba lebih dulu di Maros

Jenazah Korban Penembakan di Papua Tiba di Pangkalan TNI AU MarosIDN Times Sulsel/Didit Hariyadi

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto bersama Wakapolri Komjen Pol Aridono tiba di Bandara TNI AU Maros sekitar pukul 17.10 WITA. Keduanya singgah beristirahat di Maros setelah dari melihat lokasi tembak di Papua. “Panglima hanya singgah istirahat sebentar,” ucap Henny sembari memohon maaf lantaran Panglima tak bisa diwawancarai.

 

Baca Juga: Keluarga Korban Penembakan di Papua Marah Santunan Hanya Rp24 Juta  

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya