Viral ASN Sinjai Tendang Perempuan di Jalan, Pelaku Ditangkap Polisi

Bupati Sinjai perintahkan Inspektorat periksa pelaku

Makassar, IDN Times - Seorang aparatur sipil negara (ASN) di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel), inisial AI, ditangkap petugas Polres Sinjai, Rabu (14/9/2022). AI diduga menganiaya seorang perempuan di tengah jalan.

"Yang bersangkutan oknum PNS di Sinjai, sudah kami amankan dan sekarang masih di tahan di Polres Sinjai," kata Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Sinjai, AKP Syahruddin kepada wartawan.

Oknum ASN Sinjai itu viral di media sosial (medsos) setelah diduga kuat menendang seorang perempuan pengendara motor di Sinjai beberapa waktu lalu. Aksi AI terekam video dan viral di medsos, Selasa (12/9/2022).

Dalam video berdurasi 16 detik yang viral, pengendara perempuan yang belum diketahui identitasnya itu, terjatuh usai bertabrakan dengan mobil Kijang Innova hitam bernomor polisi DD 1383 UC. Peristiwa itu terjadi di Jalan Raya Bhayangkara depan permandian HM. Tahir, Kecamatan Sinjai Utara, pukul 15.30 Wita.

Saat kejadian, pengendara perempuan yang telah terjatuh sedang mengangkat motornya, tiba-tiba AI turun dari mobilnya dan menegur korbannya. Tidak sampai di situ, AI nampak memarahi korban hingga menendang korban. Akibatnya motor perempuan itu oleng dan kemudian jatuh.

1. Polisi masih tunggu laporan korban

Viral ASN Sinjai Tendang Perempuan di Jalan, Pelaku Ditangkap PolisiIlustrasi laporan ke polisi. (IDN Times/Yuda Almerio)

Penyidik Reskrim Polres Sinjai mengatakan, memang saat ini mereka sudah amankan AI terduga pelaku penganiaya. Tapi untuk bisa memproses hukum lebih lanjut, penyidik juga masih menunggu laporan resmi dari korban.

"Semalam anggota (polisi) sudah hubungi yang bersangkutan untuk tanyakan laporan, tapi infonya dia (korban) masih menunggu orangtuanya yang sementara masih dalam perjalanan dari Makassar (ke Sinjai)," jelas Syahruddin yang dihubungi lewat telepon.

Baca Juga: Terekam CCTV Pos Polisi di Sinjai Dirusak, Ini Penjelasan Polda Sulsel

2. Bupati Sinjai perintahkan Inspektorat periksa AI

Viral ASN Sinjai Tendang Perempuan di Jalan, Pelaku Ditangkap PolisiBupati Sinjai Andi Seto Asapa. (Dok. Pemkab Sinjai)

Terpisah, Bupati Sinjai Andi Seto Gandista Asapa sangat menyayangkan perilaku AI. Akibatnya, Andi Seto pun memerintahkan pihak Inspektorat Sinjai untuk melakukan pemeriksaan terhadap AI.

"Atas peristiwa ini, saya sudah perintahkan Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan. Termasuk juga memberikan sanksi atau hukuman sesuai perbuatannya," kata Andi kepada wartawan.

Baca Juga: Eks Bupati Sinjai Dua Periode Andi Rudiyanto Asapa Meninggal Dunia

3. Kepala Dispora Sinjai kaget

Viral ASN Sinjai Tendang Perempuan di Jalan, Pelaku Ditangkap PolisiIlustrasi PNS (ANTARA FOTO/den)

Sementara itu, Kepala Dispora Sinjai, Hamsir Ahmad mengatakan, AI pejabat fungsional di Dispora Sinjai. Kata Hamsir, apa yang sudah dilakulan AI tidak mencerminkan perilakunya.

"Perbuatannya ini sangat bertolak belakang dengan sosok yang saya kenal. Pastinya kita kaget setelah dengar dan lihat berita viral di media sosial soal perlakuannya (menendang pengendara perempuan)," terang Hamsir.

"Hari ini (Rabu) dia ijin tidak masuk kantor karena menjalani proses pemeriksaan di Polres Sinjai. Sekarang juga masuk ke ranah Inspektorat jadi soal sanksi ringan sampai berat itu keputusan Inspektorat," tambahnya.

Baca Juga: Mertua dan Menantu di Sinjai Duel Parang, Satu Tewas Akibat Luka Berat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya