Comscore Tracker

Tiga Peserta Haji Embarkasi Makassar Tinggal di Saudi

PPIH Makassar menerima kedatangan kloter terakhir

Makassar, IDN Times - Pemulangan jemaah haji asal delapan provinsi di Embarkasi Makassar rampung. Itu ditandai dengan kembalinya kelompok terbang 19 alias terakhir di Asrama Haji Makassar, Sabtu (12/8/2022).

Kloter 19 tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sabtu pagi. Mereka diangkut dengan pesawat Garuda Airways GA1912. Kloter 19 berisi jemaah haji asal Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten 157 dari Jeneponto, satu asal Makassar, dan sembilan dari Sidrap.

Direktur Pengelola Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Kementerian Agama Jaja Jailani menyebut pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar. Menurutnya, pelayanan kejada jemaah juga sangat baik.

"Alhamdulilah rangkaian pelaksanaa ibadah haji mulai proses perencanaan, pelaksaan, pemberangkatan dan pelaksanaan ibadah di Saudi Arabia hingga  pemberangkatan kembali ke Tanah Air berjalan lancar. Kita Banyak mendapat apresiasi dari jemaah yang disampaikan kepada kami, mulai dari hotelnya, bus Shalawat dan konsumsinya," kata Jaja di Makassar, Sabtu.

Baca Juga: Viral, Serunya Rombongan Haji Bugis Berdandan Nyentrik di Pesawat

1. Tiga meninggal, tiga tinggal di Saudi

Tiga Peserta Haji Embarkasi Makassar Tinggal di Saudiilustrasi ka'bah (Kemenag.go.id/Bahauddin)

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar Ikbal Ismail mengatakan, tahun ini pihaknya memberangkatkan 7.230 orang ke Arab Saudi. Hingga kloter 19 tiba, 7.224 orang kembali.

Tiga orang meninggal selama rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Masing-masing dua orang dari Maluku Utara dan satu dari Maluku.

"Serta tiga lainnya masih tinggal di Arab Saudi karena menjalani perawatan di rumah sakit," kata Ikbal Ismail.

2. Berharap kuota normal di tahun 2023

Tiga Peserta Haji Embarkasi Makassar Tinggal di SaudiIlustrasi jemaah haji (IDN Times/Aan Pranata)

Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 orang tahun ini. Kuota lebih sedikit dari biasanya karena situasi pandemik COVID-19. Berkurangnya kuota secara nasional membuat antrean haji jadi lebih panjang.

Untuk kuota tahun depan, Kemenag masih menunggu kepastian dari Kerajaan Arab Saudi.

"Kita masih menunggu dan berharap pelaksanaan haji 2023 kuota bisa kembali normal sehingga daftar tunggu haji akan semakin pendek," kata Jaja.

3. Jemaah delapan provinsi di Embarkasi Makassar

Tiga Peserta Haji Embarkasi Makassar Tinggal di SaudiIlustrasi rombongan jemaah haji. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Embarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji yang terdiri dari 7.230 orang pada musim haji tahun ini. Dengan rincian 2.451 orang pria dan 4.779 wanita. Sejauh ini satu orang asal Embarkasi Makassar dilaporkan meninggal karena sakit.

Sebelumnya Ketua PPIH Makassar Khaeroni menyebut pada tahun ini sebanyak 7.234 jemaah haji diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar. Rinciannya, 7.119 orang merupakan anggota jemaah, tujuh Pembimbing KBIHU, 34 Petugas Haji Daerah, dan 74 PPIHU.

Jemaah Embarkasi Makassar tahun ini berasal dari delapan provinsi di Indonesia bagian Timur. Masing-masing, Sulawesi Selatan (3.320 Orang), Sulawesi Tenggara (922 Orang), Sulawesi Barat (663 Orang), Gorontalo (447 Orang), Maluku (496 Orang), Maluku Utara (491 Orang), Papua (491 Orang), serta Papua Barat (330 Orang).

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya