Polisi Terpaksa Tes DNA Tersangka Aborsi 7 Janin di Makassar

Polisi juga memeriksa kejiwaan tersangka

Makassar, IDN Times - Penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Makassar terpaksa memeriksa DNA dua tersangka kasus aborsi tujuh janin yang ditemukan dalam boks makanan.

Kepala Satuan Reskrim Polrestabes AKBP Reonald Simanjuntak menyebutkan, DNA dari dua tersangka, NM (29) dan SP (30) terpaksa diambil karena masing-masing beda pendapat.

"Hari ini sudah diambil sampel DNA kedua tersangka, karena satu (NM) bilang miliki 7 janin, satunya (SP) bilang 4," kata Reonald saat ditemui wartawan di ruangan Reskrim Polrestabes, Senin (13/6/2022).

Diketahui, kepolisian mengungkap 7 janin dalam boks makan disebuah rumah kosan di daerah Pacerakang, Biringakanyya, Kota Makassar, Sabtu (4/6/2022) lalu.

Saat kedua tersangka dibekuk, kemudian diinterogasi, SP tidak mengakui tujuh janin dari hubungannya dengan NM. Sementara NM menyebut, 7 janin itu semuanya anak SP.

Baca Juga: Beda Pendapat Dua Tersangka soal 7 Janin dalam Boks Makan di Makassar

1. Tes kejiwaan dua tersangka

Polisi Terpaksa Tes DNA Tersangka Aborsi 7 Janin di MakassarKasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Reonald Simanjuntak saat menunjukan foto dua tersangka aborsi tujuh janin, Kamis (9/6/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Penyidik telah membawa dua tersangka, NM dan SP ke RS Bhayangkara Makassar dan akan ditangani oleh tim Biddokes Polda Sulsel.

"Saat ini masih berlangsung untuk proses pemeriksaan kejiwaan dengan psikiater di Biddokes Polda Sulsel, sekalian juga nanti dengan tes DNA-nya," ungkap Reonald.

AKBP Reonald tidak mau menjanjikan kapan hasil tes kejiwaan dan pemeriksaan DNA dari dua tersangka kapan akan keluar.

"Jadi mohon bersabar saja terkait hasilnya, karena kan mau dicocokan lagi hasil DNA dari dua tersangka tersebut dengan tujuh janin dalam boks itu," jelas AKBP Reonald.

2. Tersangka SP tetap akui 4 janin

Polisi Terpaksa Tes DNA Tersangka Aborsi 7 Janin di MakassarTersangka pria kasus aborsi 7 janin, SP (30) saat digiring ke ruang penyidik Polrestabes Makassar, Jumat (10/6/2022) sore. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

SP diamankan di oleh tim Polres Tana Bumbu di Kalimantan Selatan, Rabu (8/6) lalu. Dia kemudian diserahkan kepada petugas Polrestabes Makassar. Saat diinterogasi aparat, dia cuma mengakui sebagai ayah bagi empat dari tujuh janin yang ditemukan dalam boks makanan.

"Sampai hari ini si tersangka laki-laki akui empat dari tujuh janin hasil dari hubungan asmara dia dengan si NM. Makanya kami langsung tes DNA saja," beber Reonald.

3. Tiga hari berturu-turut diperiksa

Polisi Terpaksa Tes DNA Tersangka Aborsi 7 Janin di MakassarTersangka perempuan kasus aborsi 7 janin dalam boks makan, J alias NM (29) saat digiring ke ruang penyidik Polrestabes Makassar, Jumat (10/6/2022) malam. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Reonald menambahkan, pihaknya terus menggali pernyataan dari dua tersangka. Setidaknya tiga hari berturut-turut penyidik Reskrim mengintrogasi kedua tersangka.

"Bukan nonstop siang malam kita periksa dua tersangka ini, tapi tiga hari berturut-turut. Artinya ada jeda untuk dua tersangka ini istirahat dan makan," tambah Reonald.

Baca Juga: Tersangka Aborsi Akui 4 dari 7 Janin dalam Boks Makanan di Makassar 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya