Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Pegawai Dishub Makassar

Reka ulang diawali di rumah Rachmawaty

Makassar, IDN Times - Pihak kepolisian Polda Sulsel dan Polrestabes Makassar menggelar rekonstruksi pembunuhan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Najamuddin Sewang, Kamis (19/5/2022).

Najamuddin Sewang tewas ditembak di Jalan Danau Tanjung Bunga Makassar, pada 3 April 2022. Polisi menangkap lima orang pelaku, termasuk eks Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar M Iqbal Asnan yang merupakan otak pembunuhan.

Pantauan IDN Times Sulsel, rekonstruksi diawali reka adegan di rumah Rachmawati, wanita yang terlibat cinta segi tiga antara korban Najamuddin dengan pelaku Iqbal Asnan.

Baca Juga: Eks Kasatpol PP Makassar Pernah Pakai Dukun Santet Serang Najamuddin

1. Rumah pacar pelaku dan korban

Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Pegawai Dishub MakassarPolisi menggelar rekonstruksi pembunuhan Najamuddin Sewang di rumah Rachmawaty, pacar pelaku dan korban. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Rekonstruksi kasus pembunuhan digelar di rumah Rachmawaty di Blok H nomor 19 komplek Grand Aroepala, Jl Poros Tamangapa Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Reka adegan digelar kepolisian dan kejaksaan untuk melengkapi berkas penyidikan.

Disebutkan, Rachmawaty adalah pegawai Dishub Makassar. Ia disebut-sebut sebagai pacar dari pelaku utama, Iqbal Asnan, eks Kasatpol PP Makassar. Rachmawaty juga disebut punya hubungan dengan korban.

2. Eks Kasatpol PP Makassar terus tertunduk

Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Pegawai Dishub MakassarEks Kasatpol PP Makassar, M Iqbal memakai baju tahanan saat reka adegan memasuki rumah Rachmawaty. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Dalam reka adegan di rumah Rachmawaty ini, terlihat eks Kasatpol PP Makassar, M Iqbal yang mengotaki kasus pembunuhan ini hadir. Awalnya ia memakai kaos hitam. Kemudian, pada saat reka adegan Iqbal masuk rumah Rachmawaty, anggota polisi memberikan Iqbal baju orange (tahanan).

Tersangka utama Iqbal terus menunduk. Dia beberapa kali ditegur oleh anggota polisi agar mengangkat pandangannya untuk bisa menghadap kamera tim Inafis Polri.

3. Rachmawaty sesekali mengintip

Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Pegawai Dishub MakassarReka adegan saat tersangka M Iqbal mengetuk jendela rumah Rachmawaty saat rekonstruksi kasus. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Gelar rekonstruksi di rumah Rachmawaty ini, berlangsung dari pukul 11.34 hingga pukul 13.15 Wita. Salah satu adegan yang beberapa kali diupangi saat pelaku Iqbal  mengetuk jendela rumah Rachmawaty.

Dalam adegan reka upang tersebut, Iqbal mengetuk jendela ruang tamu, kemudian dia berpindah ke pintu depan, lalu menuju ke jendela Rachmawaty.

Saat itu terlihat, Rachmawaty sesekali mengintip dari jendela kaca ruang depan. Bahkan selama adegan reka ulang kasus, Rachmawaty tidak pernah terlihat di luar.

Diketahui, dalam gelar rekonstruksi kasus pembunuhan Najamuddin Sewang yang diotaki M Iqbal ini, tim polisi dan kejaksaan hadirkan beberapa pelaku lain dan saksi.

Tersangka atau pelaku yang terlihat hadir dalam rekonstruksi ini selain Iqbal, M Asri dan Akmal, juga ada saksi lainnya.

Baca Juga: Penembakan Diotaki Kasatpol PP Makassar Bermotif Cinta Segitiga

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya