Polda Sulsel Tanam 4.545 Pohon Peringati HUT Humas Polri

Bibit pohon disebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel

Makassar, IDN Times - Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Selatan mengerahkan jajarannya menanam ribuan pohon, Jumat (13/10/2023). Penanaman pohon dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-72 Humas Polri.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana mengatakan, ada 4.545 bibit pohon yang ditanam secara serentak. Bibit pohon disebar di jajaran Humas Polres di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Ini dalam rangka kita melakukan kegiatan penghijauan dengan jumlah bibit ada 4.545 pohon, sebagai rasa syukur kita di HUT ke-72 ini," kata Kombes Komang, Jumat.

Baca Juga: Bahtiar Sebut Sulsel Bangkrut Gegara Defisit Anggaran Rp1,5 Triliun

1. Penanaman bibit pohon jambu kristal hingga daun salam

Polda Sulsel Tanam 4.545 Pohon Peringati HUT Humas PolriHumas Polda Sulsel tanam pohon peringati HUT ke-72. (Istimewa)

Bidhumas Polda Sulsel dipimpin Kombes Komang secara simbolis memulai penanaamn di kawasan lahan Brimob Polda Sulsel, Jalan Paccerakkang Daya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Pada penanaman tersebut, ada beragam jenis bibit yang diharapkan bisa bermanfaat untuk puluhan tahun ke depan.

"Adapun jenis-jenis pohon yang kita tanam itu seperti pohon ketapang, jambu kristal, jeruk, daun salam dan rambutan. Tentunya ini selain memberikan kesejukan nanti juga warisan bagi anak cucu kita, kalau berbuah bisa dimanfaatkan," kata Komang.

2. Komang harap kegiatan penghijauan berkesinambungan

Polda Sulsel Tanam 4.545 Pohon Peringati HUT Humas PolriKepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Komang menyebut penanaman pohon juga mencerminkan upaya kepedulian Polri kepada  lingkungan dan penghijauan di daerah kering. Mengingat kini musim kemarau ekstrem atau pemanasan global.

"Jadi kita harap mudah-mudahan dengan kegiatan ini, lahan Polda Sulsel ini nantinya bisa hijau dan dipenuhi tanaman. Kita juga harap kegiatan ini tidak berlaku saja pada momen-momen tertentu tapi diagendakan berkesinambungan," tambah Komang.

3. Polres Gowa tanam pohon di bantaran sungai Je'neberang

Polda Sulsel Tanam 4.545 Pohon Peringati HUT Humas PolriAnggota Polres Gowa tanam bibit pohon di bantaran sungai Je'neberang. (Istimewa)

Sementara itu, pihak Humas Polres Gowa menggelar penghijauan di bantaran Sungai Je'neberang, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.  Kapolres Gowa AKBP Reonald Simanjuntak mengatakan, jajarannya bergotong-royong menanam sekitar 80 bibit pohon rambutan dan tabebuya sepanjang bantaran sungai.

"Melalui penghijauan ini, kami berharap menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan asri, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam," jelasnya.

Baca Juga: Tidak Masuk Daerah Rawan, Sulsel Tetap Waspada Karhutla

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya