Pemilu 2024: Di Makasaar, Wakapolri Tekankan Netralitas Polisi

Maraknya deklarasi damai untuk jaga situasi tetap kondusif

Makassar, IDN Times - Wakil Kepala Polri Komjen Agus Andrianto menekankan netralitas anggota kepolisian jelang Pemilihan Umum 2024. Hal itu disampaikan saat Wakapolri membuka kegiatan bakti sosial, pemberian bantuan sosial, dan pasar murah UMKM di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (7/2/2024).

"Netralitas (Polri) itu sudah pastilah dijaga. Polisi akan bekerja sesuai aturan, sesuai ketentuan netralitasnya," kata Wakapolri.

Baca Juga: Bawaslu Sulsel Gelar Pleno soal Video Caleg Bagi-bagi Uang

1. Polri jaga sinergi dengan TNI dan ASN

Pemilu 2024: Di Makasaar, Wakapolri Tekankan Netralitas PolisiWakapolri Komjen Agus Andrianto di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (7/2/2024). (IDN Times/Dahrul Amri)

Agus berharap, netralitas juga dijaga oleh unsur aparat negara lainnya. Dia menekankan bahwa Polri menjaga sinergitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI, termasuk di Sulawesi Selatan.

"Sinergitas aparatur sipil negara bersama PJ Gubernur dan jajaran, Bupati, Walikota, luar biasa untuk membangun masyarakat seminggu menjelang Pemilu," terangnya.

2. Deklarasi pemilu damai untuk jaga suasana

Pemilu 2024: Di Makasaar, Wakapolri Tekankan Netralitas PolisiWakapolri Komjen Agus Andrianto di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (7/2/2024). (IDN Times/Dahrul Amri)

Wakapolri mengomentari maraknya digelar deklarasi pemilu damai oleh jajaran Polri. Dia menyebut hal tersebut bukan karena suasana makin memanas, melainkan untuk menjaga kebersamaan dan situasi kondusif.

"Perbedaan pilihan biasalah, tetapi jangan mau kita dipecah belah. Bangsa ini punya kita bersama, mari jaga bersama," ucap Komjen Agus. "Karena hanya kita yang bisa menjaga itu, tidak mungkin kan kita harapkan orang lain yang menjaga," dia menambahkan.

3. Wakapolri menilai Sulsel aman jelang Pemilu 2024

Pemilu 2024: Di Makasaar, Wakapolri Tekankan Netralitas Polisiilustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Komjen Agus menghadiri sejumlah agenda kunjungan kerja di Makassar sejak Selasa (6/2/2024). Dari laporan dan pengamatannya, dia menyebut Sulsel secara umum aman jelang pencoblosan 14 Februari 2024.

"Seminggu menjelang Pemilu, saya lihat masyarakat guyub rukun, namanya pesta (demokrasi) harusnya begitu, harusnya kita bersenang-senang. Jadi kalau apa yang saya lihat di sini, mudah-mudahan bisa menular di (daerah) yang lain," ujarnya.

Baca Juga: KPU Sulsel Mulai Jadwalkan Distribusi Surat Suara ke Pulau Terluar

Baca Juga: Pengamanan 26 Ribu TPS, Polda Sulsel Siapkan Puluhan Ribu Personel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya