Pejalan Kaki Bayar Masuk Pelabuhan Makassar, Pelindo: Bukan Pungli

Pejalan kaki dikenai tarif masuk Rp5 ribu per orang

Makassar, IDN Times - Beredar di media sosial, video pejalan kaki dipunguti bayaran saat memasuki Pelabuhan Makassar. Video menunjukkan seorang berjaga di gerbang masuk dan meminta setiap pengunjung membayar sejumlah uang.

Pelindo Regional 4 Makassar menanggapi video yang beredar. Mereka membenarkan pejalan kaki dikenai tarif masuk, dan itu bukan pungutan liar.

"Itu bukan (pungli), masa kita se-vulgar itu di luar, tidak mungkin se-ekstrem itu, karena kita BUMN dan pastinya kita punya aturan yang ditetapkan," kata Junior Manager Operasi Pelindo Regional 4 Makassar, I Komang Oka Sudarmawan Diputra kepada wartawan di Makassar, Senin (22/1/2024).

Baca Juga: Cek Pelayanan, Menkes Kunjungi Tiga Rumah Sakit di Makassar

1. Pejalan kaki dikenai tarif masuk Rp5 ribu

Komang mengatakan, video yang beredar menunjukkan petugas Pelabuhan menagih retribusi di dekat alat Turnstile. Alat itu itu dipasang secara resmi oleh Pelindo.

"Alat itu memang terkait pejalan kaki, dan itu memang ada aturannya, itu aturan yang terbaru yang dikeluarkan dari regional head itu ada, artinya itu resmi," terang Komang.

Menurut aturan Pelindo, pejalan kaki dikenai tarif masuk Rp5 ribu. Tarif itu lebih kecil dibandingkan tarif untuk pengendara motor, yaitu Rp10 ribu, dan mobil Rp15 ribu.

2. Pelindo ingin meminimalisir orang tak berkepentingan masuk ke pelabuhan

Pejalan Kaki Bayar Masuk Pelabuhan Makassar, Pelindo: Bukan PungliJunior Manager Operasi Pelindo Regional 4 Makassar, I Komang Oka Sudarmawan Diputra. (IDN Times/Dahrul Amri)

Komang menjelaskan, penerapan tarif bagi pejalan kaki, salah satu tujuannya untuk meminimalisir orang tidak berkepentingan masuk ke pelabuhan. Sebab itu bisa mengganggu aktivitas di dalam.

"Karena ini kan area terbatas, jadi orang yang ingin masuk untuk orang yang berkegiatan saja," Komang menjelaskan.

Tarif masuk bagi pejalan kaki juga tidak dikenakan bagi penumpang. "Nanti (penumpang) tinggal menunjukkan tiketnya atau boarding karena mungkin belum check in. Makanya ada kartu master di petugas kami jadi nanti ketika di tap mereka bisa masuk ataupun keluar," dia melanjutkan.

3. Gerbang pejalan kaki dijaga petugas

Pejalan Kaki Bayar Masuk Pelabuhan Makassar, Pelindo: Bukan PungliPelabuhan Makassar mengenakan tarif Rp5 ribu bagi pejalan kaki. (IDN Times/Dahrul Amri)

Komang menambahkan, aturan retribusi bagi pejalan kaki ini sudah lama diterapkan dan kebanyakan masih dilakukan manual, seperti sistem sobek kartis. Dan kini pihak Pelindo 4 juga bekerja sama pihak ketiga.

"Ini sudah lamai, dulu masih sobek kartis, sekarang petugas kami terbatas, makanya sempat viral. Jadi saat ini kita bekerjasama dengan pihak ketiga pasang turnstrile, jadi mereka bisa operasi sampai 24 jam, full satu harian dijaga, bukan pungli," tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diharap Hadir Resmikan Tol Makassar New Port 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya