Operasi Patuh di Makassar, Puluhan Orang Ditilang via CCTV

Ratusan orang ditilang, knalpot brong langsung dicopot

Makassar, IDN Times - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar mencatat, ratusan pengendara terjaring saat hari pertama Operasi Patuh 2022, Senin (13/6/2022).

Ratusan pengendara ini terjaring dalam operasi yang digelar sejak pukul 08.00 Wita pagi hingga pukul 23.00 Wita di beberapa titik di Kota Makassar.

Kepala Satlantas Polrestabes AKBP Zulanda mengungkapkan, penindakan operasi Patuh 2022 digelar secara langsung di jalan maupun melalui kamera tilang alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Ada dua cara, pra ETLE mobile atau patroli langsung dan ETLE atau kita pantau lewat kamera CCTV," kata Zulanda kepada IDN Times, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Operasi Patuh 2022 di Makassar, Polisi Pantau Pelanggar di 18 CCTV

1. Sebanyak 60 pengendara ditilang lewat kamera CCTV

Operasi Patuh di Makassar, Puluhan Orang Ditilang via CCTVKepala Satlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda menindak salah satu pengendara saat Operasi Patuh 2022 di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/6/2022). Istimewa

AKBP Zulanda menyebutkan, untuk penindakan hari pertama Operasi Patuh 2022 ini melalui kamera CCTV ETLE tercatat ada 60 pengendara roda dua dan roda empat. Namun untuk penindakannya harus terlebih dahulu melalui verifikasi di Samsat.

"Nanti setelah verifikasi baru dikirim surat konfirmasi tilang kepada pelanggar, mudah-mudahan alamat pelanggar sesuai, nanti bayar tilangnya ke BRIVA," lanjut Zulanda.

Untuk penindakan melalui sistem ETLE ini, Satlantas Polrestabes memanfaatkan 18 kamera CCTV yang tersebar di Kota Makassar. Titik 18 CCTV ini dirahasiakan oleh polisi.

2. Ada 53 pengendara langsung ditilang

Operasi Patuh di Makassar, Puluhan Orang Ditilang via CCTVIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Selain penilangan melalui sistem ETLE yang memanfaatkan 18 kamera CCTV, kata Zulanda, petugas juga memberlakukan penindakan langsung di lapangan. Pihaknya mencatat ada 53 pengendara yang ditilang.

"Untuk penindakan dan peneguran tertulis ada 53 pelanggar, sedangkan lisan itu 38 pelanggar. Teguran lisan ini itu teguran yang tidak masuk prioritas," jelas Zulanda.

3. Knalpot brong langsung dicopot

Operasi Patuh di Makassar, Puluhan Orang Ditilang via CCTVIlustrasi knalpot brong atau knalpot racing (Dok. Humas Polda Jabar)

Saat Operasi Patuh 2022, tim Satlantas Polrestabes dan jajaran menindak berbagai pengendara yang memodifikasi kendaraannya, dari modifikasi lampu sampai knalpot. Walaupun tidak masuk dalam tujuh prioritas Operasi Patuh, Zulandi menyatakan pihaknya tetap menindaki pengendara yang modifikasi kendaraannya.

"Dan ini juga penggunaan knalpot brong langsung kita copot saat kita dapati, kata Zulanda.

"Khusus penggunaan knalpot brong kemarin itu kita minta copot oleh pengendaranya, itu juga kita minta hempaskan atau melempar knalpotnya dari motor," tambahnya.

Pada Operasi Patuh 2022, ada tujuh sasaran pelanggaran yang jadi prioritas kepolisian. Pelanggaran tersebut, yakni, tidak memakai helm SNI, pengendara melawan arus, tidak memakai safety belt, menggunakan handphone saat berkendara, bonceng tiga, pengemudi konsumsi alkohol, dan melebihi kecepatan maksimal.

Baca Juga: Operasi Patuh 2022 Mulai Hari Ini, Hindari 8 Hal Biar Gak Kena Tilang!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya