Napi Kabur dari Lapas Parepare Ditangkap di Wajo

Usai ditangkap, Heri ditahan di Polres Parepare

Makassar, IDN Times - Heri, narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare, ditangkap, Rabu (31/1/2024). Napi kasus pencabulan anak itu kabur sejak Minggu malam (28/1/2024).

Kepala Bidang Keamanan Divisi Pemasyarakatan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham Sulawesi Selatan Suryanto mengatakan, Heri ditangkap di wilayah Kabupaten Wajo.

"Yang bersangkutan ini ditangkap kemarin di daerah Siwa. Dia ditangkap subuh," kata Suryanto saat dihubungi, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Napi Kabur dari Lapas Parepare, Kemenkumham: Petugas Langgar SOP

1. Napi kabur ditahan di Polres Parepare

Napi Kabur dari Lapas Parepare Ditangkap di WajoIlustrasi penjara (IDN Times/Mia Amalia)

Kata Suryanto, saat ini Heri masih ditahan di Kantor Polres Parepare. Dia tidak langsung dibawa ke Lapas Parepare karena sejumlah pertimbangan.

"Dia masih ditahan di Polres karena kalau dia dibawa ke Lapas nanti ada apa-apa, jadi kita menghindari hal-hal buruk," kata Suryanto.

2. Pengamanan Lapas Parepare dievaluasi

Napi Kabur dari Lapas Parepare Ditangkap di WajoTembok yang dipanjat oleh napi kabur di Lapas Parepare/Istimewa

Sehari sebelumnya, Suryanto dan tim dari Kemenkumham Sulsel mendatangi Lapas Parepare. Kedatangan mereka untuk evaluasi usai pelarian Heri dengan memanjat tembok.

Suryanto menyebut hasil evaluasi itu segera disampaikan kepada pimpinan Kemenkumham Sulsel.

2. Ditemukan dua pelanggaran SOP di Lapas Parepare

Napi Kabur dari Lapas Parepare Ditangkap di WajoLokasi pelarian napi kabur dari Lapas Parepare/Istimewa

Diberitakan sebelumnya, Suryanto menyebut timnya menemukan setidaknya dua pelanggaran SOP terkait kaburnya narapidana di Lapas Parepare. Keduanya tetap penjagaan napi.

"Pertama SOP penjagaan pos atas, itu dilanggar. Karena pos atas tidak diisi. SOP yang kedua dilanggar ialah SOP perlintasan warga binaan, karena warga binaan yang mau keluar kamar ada SOP," kata Suryanto kepada IDN Times Sulsel, Selasa (30/1).

Baca Juga: Lapas Parepare Dijebol, Narapidana Pencabulan Anak Kabur

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya