Marak Teror Panah, Polrestabes Makassar Bentuk Timsus Anti Suram

Tim Khusus Busur Rakitan Senjata Tajam

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resort Kota Besar Makassar membentuk tim khusus sebagai respons atas maraknya teror panah yang meresahkan masyarakat.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes AKBP Reonald T. Simanjuntak mengatakan, tim khusus diberi nama Anti Suram. Nama itu diambil dari akronim Busur Rakitan Senjata Tajam.

"Untuk memerangi pelaku teror busur itu makanya kita bentuk timsus anti suram ini. Timsus ini sudah mulai jalan hampir satu bulan ini," kata Reonald kepada IDN Times, Sabtu (5/11/2022).

Baca Juga: Kasus Dua Pemuda Tewas Dipanah di Makassar, Ternyata karena Asmara

1. Timsus cegah penyerangan lewat patroli

Marak Teror Panah, Polrestabes Makassar Bentuk Timsus Anti SuramKasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Reonald Simanjuntak. (Dahrul Amri/IND Times)

Beberapa pekan terakhir, isu penyerangan panah mengemuka di warga Makassar. Ada sejumlah kasus warga diancam hingga diserang di jalan. Ada juga sejumlah kasus tawuran kelompok dengan senjata panah rakitan, yang oleh masyarakat disebut busur.

Reonald mengatakan, Timsus Anti Suram bertugas memantau kemungkinan adanya penyerangan serupa. Tim berpatroli secara berkala di jalan-jalan, hingga di lorong-lorong dalam kota.

"Pastinya Timsus ini memonitor 1x24 jam, bahkan mencari sampai mencegah tindak pidana yang berhubungan pada panah atau busur, rakitan dan senjata tajam," katanya.

2. Jawaban atas isu Makassar tidak aman

Marak Teror Panah, Polrestabes Makassar Bentuk Timsus Anti SuramWarga menanti saat berbuka puasa (ngabuburit) di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/4/2022). Sebagian umat muslim di Makassar memilih menunggu saat berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat di Anjungan Pantai Losari Makassar sambil menikmati matahari tenggelam (sunset). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Reonald mengatakan, Timsus Anti Suram dibentuk sebagai respons terhadap sorotan publik. Belakangan muncul suara-suara tentang Makassar tidak aman, terutama di media sosial.

"Saya mau sampaikan ke masyarakat, ada yang menyebutkan Makassar tidak aman, itu tidak benar, sekarang Makassar aman. Karena yang terjadi (pembusuran) selama ini individu dengan individu," ujar Reonald.

3. Timsus libatkan personel polsek

Marak Teror Panah, Polrestabes Makassar Bentuk Timsus Anti SuramIDN Times/Arief Rahmat

Reonald, menyebutkan, Timsus Anti Suram beranggotakan 14 petugas polisi anggota Polrestabes Makassar. Dalam bekerja, mereka dibantu anggota reserse dari setiap kepolisian sektor (Polsek) di Makassar.

Mereka bertugas merespons cepat informasi terkait teror panah. "Contoh seperti dari Polsek satu ada informasi soal busur, langsung tim inti bergerak. Pastinya tim Polsek juga bergerak," ucap Reonald.

Baca Juga: Mengulik Keresahan Warga Makassar lewat Kota Dalam Teater

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya