Kloter I Haji Makassar Siap Terbang, Jemaah Diminta Bawa Sandal

Jemaah haji diingatkan soal cuaca ekstrem di Arab Saudi

Makassar, IDN Times - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Makassar masuk ke Asrama Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis pagi (16/6/2022). Jemaah siap diterbangkan ke Tanah Suci, Madinah, Arab Saudi, Jumat dini hari (17/6/2022).

Kloter pertama Embarkasi Makassar beranggotakan 389 orang. Kedatangan mereka disambut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Khaeroni di aula Asrama Haji Sudiang, Tamalanrea, Makassar, Kamis pagi.

"Secara resmi saya nyatakan bapak ibu JCH asal Kota Makassar, Parepare dan Soppeng saya terima. Semoga senantiasa diberi kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik untuk meraih haji mabrur dan pulang ke tanah air dengan utuh," ucap Khaeroni.

Baca Juga: Embarkasi Makassar Siap Sambut Jemaah Haji asal Indonesia Timur

1. Kloter satu dipastikan bebas Covid-19

Kloter I Haji Makassar Siap Terbang, Jemaah Diminta Bawa SandalIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Khaeroni menyatakan bersyukur karena kondisi kesehatan para jemaah haji kloter pertama dinyatakan baik. Jemaah juga bebas dari COVID-19.

"Alhamdulillah untuk kloter satu semuanya sehat, semuanya negatif dari virus corona, dan alhamdulillah semuanya memenuhi syarat yang diatur pemerintah," katanya.

Jemaah Kloter satu Embarkasi Makassar berasal dari tiga daerah. Masing-masing, 209 dari Makassar, 119 orang dari Soppeng, dan 61 orang dari Parepare. Turut mendamping empat orang petugas kloter, yang terdiri dari Tim Pembimbing Jemaah Haji Indonesia (TPIH) dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Prosesi penerimaan diawali dengan penyerahaan jemaah haji oleh pemerintah daerah masing-masing. Jemaah asal Kota Makassar diserahkan Sekretaris Daerah Muhammad Anshar, jemaah Kota Parepare diserahkan oleh Walikota Parepare Taufan Pawe, dan jemaah Kabupaten Soppeng diserahkan Bupati  Soppeng Andi Kaswadi Razak.

2. Perempuan dominasi kloter pertama

Kloter I Haji Makassar Siap Terbang, Jemaah Diminta Bawa SandalJemaah haji kloter satu Embarkasi Makassar disambut panitia penyelenggara haji di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (176/6/2022). Istimewa

Khaeroni yang juga Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel menyebutkan, kloter satu didominasi perempuan. "Ya 75 persen perempuan, sisanya jemaah laki-laki. Oleh karena itu ke jemaah laki-laki kami mohon bantu jemaah perempuan yang perlu bantuan," kata Khaeroni.

Jemaah kloter satu diterima oleh tim PPIH Asrama Haji Sudiang Kamis pagi pukul 07.00 Wita. Jemaah dijadwalkan berangkat pada Jumat dini hari, pukul 00.30 Wita.

3. Jemaah haji diingatkan suhu panas ekstrem di Arab Saudi

Kloter I Haji Makassar Siap Terbang, Jemaah Diminta Bawa SandalSuasana Masjid Nabawi, Madinah di tengah pandemik COVID-19 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Di hadapan jemaah haji, Khaeroni mengingatkan soal suhu panas ekstrem di Tanah Suci. Suhu di Saudi disebut mencapai 50 derajat Celcius. Khaeroni pun berharap kepada para jemaah agar tetap menjaga kondisi tubuh dengan baik.

"Mengingat cuaca yang sangat ekstrem, dan saya harap para jemaah lebih banyak menyediakan air minum, dan menghindari sengatan matahari langsung," katanya.

"Dan memakai alas kaki (sandal) karena lantai di sana sangat panas," Khaeroni menambahkan.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya