Jumat Mencekam! Kebakaran Hebat Hanguskan 12 Rumah di Makassar

Api berawal dari salah satu rumah di Jalan Serigala Makassar

Makassar, IDN Times - Sebanyak 12 unit rumah tinggal di Jalan Serigala, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, hangus terbakar pada Jumat (13/10/2023) siang. Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar mengerahkan 19 armada pemadam ke lokasi kebakaran.

Menurut Kepala Seksi Operasi Damkar Makassar, Andi Akbar Ikhsan, informasi kebakaran di lorong 12 Jalan Serigala, diterima Damkar pukul 12.30 Wita, lalu tim pemadam tiba pada pukul 12.36 Wita.

"Jadi 13 unit armada dari Mako (markas komando Jalan Ratulangi), 1 unit pos ujung tanah, 4 unit pos timur dan 1 unit mobil tim rescue. Pukul 13.55 api dipadamkan dan kita pendinginan," ungkap Andi Akbar.

1. Luas lokasi kebakaran sekitar 2 hektare

Jumat Mencekam! Kebakaran Hebat Hanguskan 12 Rumah di MakassarKebakaran hebat hanguskan 12 unit rumah di Jalan Serigala Makassar, Jumat (13/10/2023). Dok. IDN Times/Humas Damkar Makassar

Petugas Damkar menyebutkan, luas lokasi kebakaran di Jalan Serigala Makassar kurang lebih 2 hektare. Saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui.

"Terkait penyebab kebakaran ini dilakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) pihak kepolisian, kita ini bertugas padamkan api, nanti jelasnya di polisi," kata Andi Akbar.

2. Titik awal api sudah diketahui

Jumat Mencekam! Kebakaran Hebat Hanguskan 12 Rumah di MakassarKebakaran hebat hanguskan 12 unit rumah di Jalan Serigala Makassar, Jumat (13/10/2023). Dok. IDN Times/Humas Damkar Makassar

Kapolsek Mamajang, Kompol Sulkarnaen, mengatakan, penyebab kebakaran memang belum diketahui sejauh ini. Namun, titik awal api dari salah satu rumah yang menyulut kebakaran telah diketahui.

"Dari informasi dan penyelidikan itu salah satu rumah paling ujung di sebelah kanan. Lokasi ini juga cukup padat dan masuk ke lorong, makanya apinya cepat meluas ke rumah yang lain," terang Sulkarnaen.

Baca Juga: Waspada, Damkar Makassar Catat Kebakaran Meningkat Tiga Bulan Terakhir

3. Kapolsek sebut kebakaran terjadi saat warga Salat Jumat

Jumat Mencekam! Kebakaran Hebat Hanguskan 12 Rumah di MakassarKapolsek Mamajang, Kompol Sulkarnaen/Istimewa

Sulkarnaen juga mengatakan, kebakaran di Jalan Serigala Makassar terjadi saat warga sedang melaksanakan Salat Jumat. Karena itu, pencegahan awal agar api tidak meluas, tidak sempat dilakukan.

"Kejadiannya saat warga (muslim) sedang salat jumat, jadi total rumah yang terbakar ini ada 12 unit, 9 rumah itu hangus dan 3 unit terbakar juga karena tedampak dari kebakaran ini," tambah Sulkarnaen.

Baca Juga: Kebakaran Gedung di Kampus UMI Makassar usai Plt Rektor Dilantik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya