Demo di Makassar Tolak Harga BBM Naik , Mahasiswa-Polisi Saling Kejar

Mahasiswa minta copot dua Menteri

Makassar, IDN Times - Demonstrasi mahasiswa di depan kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar di Jalan Sultan Alauddin, diwarnai aksi saling kejar mahasiswa dengan polisi.

Pantauan IDN Times Sulsel, aksi kejar-kejaran aktivis mahasiswa dan sejumlah polisi di lokasi unjuk rasa karena beberapa mahasiswa berusaha menahan mobil truk kontainer.

"Ada tadi beberapa mahasiswa berusaha mau tahan truk untuk dijadikan panggung orasi," ujar Kapolsek Rappocini, Kompol Amrin Ambo Tang kepada IDN Times di lokasi demonstrasi, Jumat (2/9/2022).

Beberapa aktivis mahasiswa juga sempat meminta izin ke Kompol Amrin untuk jadikan beberapa truk kontainer sebagai panggung orasi, namun dia bersikeras tidak memperbolehkan hal tersebut.

1. Demo menolak kenaikan BBM

Demo di Makassar Tolak Harga BBM Naik , Mahasiswa-Polisi Saling KejarAktivis HMI Makassar gelar aksi tolak kenaikan harga BBM didepan kampus Unismuh Makassar, Jumat (2/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Terpantau, aktivis mahasiswa yang gelar demonstrasi adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Unismuh Makassar. Mereka bentangkan spanduk putih bertuliskan isu kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Tentunya kami menolak dan mendesak pemerintah untuk membatalkan wacana kenaikan harga BBM," terang koordinator aksi aktivis HMI Unismuh, Samsul Kifli.

"Kami juga mendesak pemerintah untuk memberantas seluruh mafia minyak dan gas (Migas) yang telah merugikan negara terutama mayarakat Indonesia," lanjutnya.

2. Mahasiswa minta copot dua Menteri

Demo di Makassar Tolak Harga BBM Naik , Mahasiswa-Polisi Saling KejarAktivis HMI Makassar gelar demo tolak kenaikan harga BBM, Jumat (2/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dalam orasinya, Samsul Kifli menyatakan alasan mereka turun aksi karena melihat situasi bangsa saat ini. Pemerintah dinilai semakin menunjukkan kekurangan atas kebijakan yang tidak prorakyat.

Hasil dari kebijakan itu, kata mahasiswa, kemudian tidak mampu menjamin hak-hak dan menjamin kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu kami meminta Presiden Jokowi mencopot menteri BUMN dan (menteri) Keuangan sebagai dalang utama yang menghadirkan wacana kenaikan BBM di tengah resesi ekonomi yang semakin tinggi," jelasnya.

3. Dampak demo mahasiswa

Demo di Makassar Tolak Harga BBM Naik , Mahasiswa-Polisi Saling KejarArus lalulintas padat merayap akibat demo mahasiswa HMI di Jl Sultan Alauddin, Kota Makassar, Sulsel, Jumat (2/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Berdasarkan pantauan, dampak demonstrasi mahasiswa tersebut mengakibatkan kepadatan kendaraan di dua jalur trans Kota Makassar - Gowa.

Terlihat, walau demonstrasi mahasiswa yang berjumlah belasan ini dikawal pihak kepolisian dari Polsek Rappocini dan tim Penikam dari Satuan Sabhara Polrestabes Makassar, tapi dua jalur trans tetap padat.

Mahasiswa menutup jalan poros dari Makassar menuju ke arah Kabupaten Gowa. Hal ini mengakibatkan dua lajur di jalan tersebut terpantau padat merayap, sejak pukul 13.20 Wita  hingga 16.00 Wita.

Baca Juga: Dilarang Demo, Mahasiswa Papua di Makassar Bentrok dengan Ormas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya