AHY Lantik Ulla, Kader Demokrat Sulsel Diminta Tak Euforia

AHY lantik pengurus DPD Demokrat Sulsel secara virtual

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan periode 2022-2027, Ni'matullah Erbe melalui virtual.

Pelantikan Ni'matullah bersama 260 pengurus Partai Golkar Sulsel berlangsung di Hotel Four Point by Sheraton, Jl Andi Djemma, Kota Makassar, Sabtu (28/5/2022).

Ni'matullah ditunjuk kembali oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk memimpin Demokrat Sulsel, usai menjabat satu periode. Dia terpilih di tingkat DPP meski kalah dari kandidat lain, Ilham Arief Sirajuddin, pada Musyawarah Daerah Demokrat Sulsel di Oktober 2021.

AHY mengimbau agar setelah dilakukan pelantikan, para kader Demokrat Sulsel menghindari euforia berlebihan. Sebab mereka dihadapkan dengan agenda besar, yakni Pemilu 2024 yang digelar bersama Pemilihan Presiden dan berdekatan dengan Pilkada Serentak.

"Ingat, tidak ada euforia dan kader harus bekerja bagus untuk meningkatkan lagi elektabilitas partai. Jalankan dengan sebaik-baiknya, karena kita ingin mengembalikan kejayaan," kata AHY.

Hadir dalam pelantikan, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan pimpinan partai politik di Sulsel.

Baca Juga: IAS Pindah ke Golkar setelah Gagal jadi Ketua Demokrat Sulsel

1. AHY minta Demokrat bangun kolaborasi dengan parpol lain

AHY Lantik Ulla, Kader Demokrat Sulsel Diminta Tak EuforiaKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

AHY juga berharap adanya kolaborasi dengan jajaran partai lain. Pasalnya, dalam pelantikan tersebut ada sejumlah tokoh partai lain yang turut hadir dan diundang.

"Mari kita membangun kolaborasi dan sinergi, kami di demokrat terbuka untuk partai partai lain," harap AHY.

Sejumlah elite Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat hadir langsung. Seperti Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Teuku Riefky Harsya, Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Demokrat, Herman Khaeron.

Adapun struktur kepengurusan berdasarkan surat keputusan (SK) Nomor 88/SK/DPP.PD/DPD/V/2022, Ni'matullah menjabat sebagai ketua, Haidar Majid sebagai Sekretaris, Nurlinda Salengke sebagai bendahara, Januar Jaury Dharwis sebagai Bappilu-Da, dan Mohammad Asia sebagai BPOKK-DA.

Diketahui, sebanyak 51 persen kursi di kepengurusan yang totalnya 260 orang diisi milenial. Sementara itu dari total pengurus, 39 persen diantaranya adalah perempuan.

2. Struktur pengurus akomodir kelompok millennials

AHY Lantik Ulla, Kader Demokrat Sulsel Diminta Tak EuforiaPelantikan Pengurus Partai Demokrat Sulsel berlangsung di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Sulsel, Sabtu (28/5/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Ni'matullah menyatakan struktur kepengurusan Demokrat Sulsel saat ini lebih mengakomodir kelompok milenial. Soal itu, dia punya alasan.

“Teman-teman milenial ini kita siapkan untuk kaderisasi sekaligus regenerasi,” jelasnya.

“Bonus demografi ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan berkontribusi melalui Partai Demokrat. Ini penegasan Ketum AHY pada berbagai kesempatan,” dia melanjutkan.

3. Pengurus Demokrat Sulsel 30 persen adalah perempuan

AHY Lantik Ulla, Kader Demokrat Sulsel Diminta Tak EuforiaKetua Demokrat Sulsel Ni'matullah. (IDN Times/Abdurrahman)

Ni'matullah menambahkan, dalam struktur, dia mengakomodir 30 persen kader perempuan. Semangatnya memang bukan sekadar memenuhi kuota, tapi memberi ruang dan kesempatan yang lebih besar.

“Dan ini tidak main-main, lihat saja di DPRD Sulsel, Demokrat menempatkan 10 legislator dan tiga orang di antaranya adalah perempuan,” kata Ni'matullah.

Baca Juga: Demokrat Belum Usung Capres, AHY Cari Parpol untuk Koalisi 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya