Mentan Syahrul Tunaikan Nazar di Makam Keluarga

Kunjungan pertama setelah dilantik sebagai Mentan

Makassar, IDN Times - Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) tiba di Makassar, Jumat (25/10). Kunjungan ini merupakan yang pertama setelah Syahrul dilantik sebagai Mentan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Saat tiba di Kota Makassar, Syahrul menyempatkan diri melakukan ziarah ke makam keluarga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang.

Syahrul bersama istri, Ayunsri Harahap, ziarah ke makam almarhum sang ayah, HM Yasin Limpo. Di kompleks pemakaman itu, Syahrul juga menziarahi makam almarhum adik, Ichsan Yasin Limpo, serta makam almarhum putra bungsunya Rinra Sujiwa Syahrul Putra.

1. Syahrul tunaikan nazar

Mentan Syahrul Tunaikan Nazar di Makam KeluargaIDN Times/Asrhawi Muin

Syahrul yang ditemui usai melakukan ziarah makam mengatakan, dirinya memang sempat menazarkan akan mengunjungi seluruh keluarganya setelah dirinya dilantik sebagai Mentan. Termasuk menengok makam keluarga tercinta.

Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari filosofi masyarakat Bugis Makassar. Maka dari itu, sebagai bentuk kesyukuran, dirinya merasa harus meminta restu dari kedua orangtua. 

"Oleh karena itu setelah saya dilantik, saya memang menazarkan untuk ketemu ibu saya hari ini kemudian nyekar pada ayah saya, pada saudara saya dan anak saya," kata mantan Gubernur Sulsel itu.

2. Syahrul komitmen jamin pangan 267 juta rakyat Indonesia

Mentan Syahrul Tunaikan Nazar di Makam KeluargaIDN Times/Asrhawi Muin

Lebih jauh Syahrul mengungkapkan rasa syukurnya telah dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk mengurusi hajat hidup masyarakat di bidang pangan. Namun di sisi lain dirinya merasa bahwa menjadi Mentan merupakan tanggung jawab besar untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan bagi rakyat Indonesia.

"Jabatan ini bukan jabatan yang ringan untuk saya. Saya harus bertanggung jawab menjabatkan apa yang diharapkan Bapak Presiden pada jabatan ini, antara lain menjamin 267 juta orang perutnya harus terisi makanan. Dan di situlah Syahrul dipilih," kata Syahrul lagi.

Baca Juga: Dari Gubernur ke Menteri, Ini Prestasi Syahrul YL di Bidang Pertanian

3. Syahrul akan benahi data pertanian

Mentan Syahrul Tunaikan Nazar di Makam KeluargaIDN Times/Asrhawi Muin

Setelah menggantikan posisi Andi Amran Sulaiman sebagai Mentan, Syahrul mengatakan bahwa langkah awal yang akan dilakukannya yakni memperbaiki data pertanian.

"Yang harus diperbaiki sekarang ini data. Satu data bagi semuanya. Kalau datanya sudah beres Insya Allah perencanaannya akan beres, implementasi akan beres, evaluasi bisa dilakukan," katanya.

Baca Juga: Gubernur Harap Mentan Syahrul Bawa Angin Segar untuk Pertanian Sulsel 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya