Zikir dan Doa untuk Pemilu Damai di Sulsel

Digelar serentak di 24 kabupaten/kota se-Sulsel

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengagendakan kegiatan zikir dan doa menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kegiatan itu diinisiasi Pemprov bersama  forum komunikasi pimpinan daerah Sulsel.

Kegiatan ini akan dipusatkan di Masjid 99 Kubah Asmaul Husna, Makassar, Senin (12/2/2024). Zikir dan doa ini digelar menyambut pemilu aman dan damai. 

"Kita harap Pemilu 2024 yang digelar 14 Februari ini bisa berjalan dengan sukses, lancar, aman dan damai," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Erwin Sodding, dalam siaran persnya, Sabtu (10/2/2024).

Baca Juga: Mundur sebagai Atlet Sulsel, Rahmat Erwin Segera Kirim Surat Resmi

1. Ikhtiar menciptakan pemilu damai

Zikir dan Doa untuk Pemilu Damai di SulselWarga mengikuti simulasi pemungutan suara di GOR Saparua, Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Erwin mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk mewujudkan Pemilu damai dengan diiringi doa. Mereka meyakini bahwa doa merupakan bentuk berserah diri.

"Intinya esensinya adalah bagaimana ikhtiar-ikhtiar kita dapat mewujudkan Pemilu yang damai dengan dibarengi doa kepada Allah SWT supaya semua ikhtiar yang sudah kita lakukan untuk Pemilu ini, Insyaallah dimudahkan," kata Erwin.

2. Serentak di seluruh kabupaten kota

Zikir dan Doa untuk Pemilu Damai di SulselMasyarakat antusias mengikuti kegiatan salat subuh berjemaah yang digelar Pemerintah Kota di anjungan Pantai Losari Makassar, Sabtu (15/4/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Zikir dan doa ini tidak saja berlangsung di Makassar. Zikir dan doa akan berlangsung serentak di seluruh kabupaten dan kota se-Sulawesi Selatan.

"Jadi untuk pelaksanaan zikir dan soa kebangsaan akan dilaksanakan di 24 kabupaten/kota pada Senin, 12 Februari nanti," katanya.

3. Dipimpin Sekretaris MUI Sulsel

Zikir dan Doa untuk Pemilu Damai di SulselKepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Erwin Sodding. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Dzikir dan Doa Kebangsaan akan dipimpin Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) sekaligus Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Prof Muammar Bakry. Momen tersebut akan dirangkaikan dengan ceramah yang dibawakan langsung Ustad Das'ad Latief. 

Selain itu, kegiatan zikir dan doa akan dihadiri instansi vertikal, BUMN, BUMD dan Ormas serta jajaran Forkopimda. 

Baca Juga: Bawaslu Sulsel Gelar Pleno soal Video Caleg Bagi-bagi Uang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya