WiFi Lorong Wisata Makassar Lemot akan Diganti Starlink

Danny sebut WiFi yang dipakai saat ini sering lemot

Intinya Sih...

  • Danny akan ganti WiFi di Lorong Wisata dengan jaringan Starlink untuk meningkatkan pengawasan dan kontrol CCTV.
  • Starlink akan memungkinkan seluruh warga akses CCTV dan memantau pergerakan anak di lorong melalui telepon seluler.
  • Danny akan pastikan izin Starlink sebelum pemasangan, mengupayakan pemasangan tahun ini, layanan dimiliki oleh Elon Musk.

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto bakal mengganti layanan internet WiFi di Lorong Wisata (Longwis) dengan jaringan Starlink. Jaringan ini diklaim untuk meningkatkan pengawasan Lorong Wisata.

Danny mengatakan penggantian itu karena jaringan WiFi terkadang mati dan lemot. Hal ini pun mengganggu fungsi kontrol dengan CCTV.

"Lorong-lorong kita banyak yang tidak berfungsi karena WiFi-nya tidak aktif. Saya bilang kasih berhenti itu WiFi, kita langsung ambil Starlink saja supaya lebih kuat nantinya," kata Danny, Selasa (18/6/2024).

1. Sistem IT Longwis bisa dimanfaatkan masyarakat

WiFi Lorong Wisata Makassar Lemot akan Diganti Starlinkilustrasi CCTV tempat parkir (unsplash.com/Victor)

Sistem CCTV di Longwis dipantau melalui warroom yakni semacam ruang kontrol. Nantinya, Pemkot Makassar akan memiliki warroom baru di Makassar Government Center (MGC) yang mengontrol seluruh lorong.

Danny mengatakan apabila jaringan internet diganti dengan Starlink, maka sistem IT Lorong Wisata di Kota Makassar bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat setempat. Selain itu, warga akan lebih mudah menerapkan program Jagai Anakta' dengan memantau pergerakan anak di lorong melalui CCTV yang tersambung di telepon seluler.

"Semua orang yang tinggal di situ bisa akses CCTV. Jadi kita bisa kontrol anak-anak atau main biar kita di luar dengan Hp-nya, kita lihat anak-anak sama yang di lorong kita bisa kontrol," kata Danny.

2. Danny bakal cek izin Starlink

WiFi Lorong Wisata Makassar Lemot akan Diganti StarlinkWali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Namun sebelum itu, Danny akan memastikan terlebih dahulu apakah Starlink telah mengantongi izin penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika. Danny mengaku tidak ingin asal pasang.

"Sekali pun butuh, cek dulu ini bagaimana. Begitu kira-kira kalau sudah fix, kita akan bahas anggaran dan seterusnya, yang penting masyarakat kita nyaman dan mau besarkan Logwis bersama," kata Danny.

Baca Juga: Siswa Difabel di Makassar Rentan Perundungan, Apa Kata Kepala Disdik?

3. Bakal diadakan tahun ini

WiFi Lorong Wisata Makassar Lemot akan Diganti StarlinkFoto: Space.com

Soal pengadaannya, Danny mengaku akan mengupayakan pemasangan Starlink di Lorong Wisata Makassar tahun ini. Meski begitu, dia belum menjelaskan kapan akan diuji coba.

"Saya usahakan tahun ini (pengadaan), kan lebih luas, lebih baru dan lebih murah. Saya pikir pakai itu saja," kata Danny.

Starlink merupakan layanan internet berbasis satelit yang dimiliki oleh Elon Musk. Pengembangan Starlink sudah dimulai sejak 2015 silam.

Layanan ini telah diresmikan di Indonesia pada bulan Mei 2024 lalu. Dengan demikian, masyarakat sudah bisa menggunakan layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan internet sehari-hari.

Baca Juga: IRT di Makassar Tewas Tersengat Listrik usai Ambil Daging Kurban

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya