Waspadai Cuaca Ekstrem di Makassar Dua Hari ke Depan

BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai angin kencang

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem masih akan terjadi di wilayah Makassar dan sekitarnya dua hari ke depan. Hal ini menyusul terjadinya hujan lebat dan angin kencang beberapa hari terakhir.

BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan berlangsung pekan ini. Untuk itu, masyarakat diimbau agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi.

"Potensi hujan sedang-lebat disertai angin kencang masih berpeluang terjadi hingga tgl 21 Maret untuk wilayah Makassar dan sekitarnya," kata Prakirawan BMKG Makassar, Agusmin, yang dikutip melalui WhatsApp, Senin (18/2/2023).

Baca Juga: Penumpang Mudik Lebaran di Pelabuhan Makassar Diprediksi Naik 6%

1. Sejumlah daerah berpotensi hujan ringan hingga sedang

Waspadai Cuaca Ekstrem di Makassar Dua Hari ke DepanIlustrasi hujan (IDN Times/Irwan Idris)

BMKG telah merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Sulawesi Selatan per 19 Maret 2024. Pada pagi hari, wilayah Palopo, Luwu, Barru, Bulukumba, Gowa, Kepulauan Selayar, Makassar, Maros, Pangkep dan Takalar berpotensi hujan ringan.

Pada siang hingga sore hari, wilayah Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Tana Toraja, Toraja Utara, Bone, Bulukumba, Maros, Takalar dan Gowa berpotensi hujan ringan. Pada malam hari, wilayah Luwu Timur juga berpotensi hujan ringan.

Kemudian pada dini hari, wilayah Bantaeng, Barru, Wajo, Bone, Bulukumba, Pangkep, Sinjai, Gowa, Takalar berpotensi hujan ringan. Lalu wilayah Luwu Timur dan Kepulauan Selayar berpotensi hujan sedang.

2. Suhu udara capai 20-30 derajat Celcius

Waspadai Cuaca Ekstrem di Makassar Dua Hari ke Depanilustrasi perubahan iklim dan cuaca karena dipengaruhi oleh angin turbulen (pxhere.com)

BMKG juga mencatat suhu udara saat ini untuk wilayah Makassar dan sekitarnya yakni 20 –33 derajat Celcius. Kemudian, kelembapan udara sekitar 65 - 95 persen.

Sementara kecepatan angin dari barat ke utara sekitar 10 – 40 km/jam.

3. Waspadai gelombang tinggi

Waspadai Cuaca Ekstrem di Makassar Dua Hari ke DepanIlustrasi. Seorang ABK naik ke atas kapal pengangkut barang yang sandar di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (24/1/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini moderate sea atau gelombang laut setinggi 1,25-2,5 m. Gelombang tinggi ini terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Parepare, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan barat Kepulauan Selayar, Perairan Sabalana, Perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan Pulau Bonerate - Kalaotoa bagian utara, Perairan Pulau Bonerate - Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur.

"Waspada potensi hujan angin kencang secara tiba-tiba di wilayah Sulawesi Selatan," kata Agusmin.

Baca Juga: Kejaksaan Periksa Ketua KONI Makassar Dugaan Penyalahgunaan Dana Hibah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya