Warga Sulsel, Ayo Segera Vaksinasi agar Pandemik COVID Berubah Endemik

Capaian vaksinasi COVID-19 Sulsel belum cukup

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan terus mengajak masyarakat untuk segera vaksinasi. Karena saat ini, vaksinasi merupakan salah satu kunci dalam pengendalian COVID-19.

Plt Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Arman Bausat berharap pandemik COVID-19 bisa segera berubah menjadi endemik. Apalagi sudah ada sinyal dari organisasi kesehatan dunia atau WHO untuk mengubah status pandemik ke endemik.

"Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan juga telah mempelajarinya dan kemungkinan juga sudah mulai melakukan skenario untuk mengubah pandemik ke arah endemik," kata Arman di Makassar, Senin (7/3/2022).

1. Vaksinasi jadi salah satu indikator

Warga Sulsel, Ayo Segera Vaksinasi agar Pandemik COVID Berubah Endemikilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Arman mengatakan peralihan fase dari pandemik ke endemik pasti akan bertahap sesuai kondisi COVID-19 di setiap provinsi termasuk Sulsel. Karena itu menjadi endemik, salah satu syaratnya adalah cakupan vaksinasi harus lengkap.

"Kalau Sulsel, mungkin nanti salah satu indikator untuk mengarah ke endemik kan  dosis satu dan dua sudah harus 70 persen, minimal dia cakupannya, yah," kata Arman.

Dia menyebutkan capaian vaksinasi saat ini untuk dosis pertama yaitu sekitar 89 persen dan dosis kedua sekitar 60 persen.

2. COVID-19 tidak bisa hilang

Warga Sulsel, Ayo Segera Vaksinasi agar Pandemik COVID Berubah Endemikilustrasi infeksi virus corona COVID-19 (IDN Times/Mardya Shakti)

Pandemik adalah fase di mana sebuah penyakit menyebar secara luas dan cepat dengan kasus meningkat secara eksponensial di wilayah yang luas. Dalam kasus COVID-19, fase ini menjadi pandemik ketika kasus ini meluas hingga seluruh dunia. 

Sementara endemik adalah kondisi di mana penyebaran virus bisa dikendalikan dan mulai beradaptasi. Salah satu contohnya adalah flu. Dengan kata lain, COVID-19 sudah tidak bisa hilang.

"COVID-19 ini kan tidak akan pernah hilang makanya disebut endemik atau selalu ada. Cuma kalau ketahanan tubuh atau herd immunity tercapai pada masyarakat itu kan dia ada (virus) tapi tidak bisa menyerang," katanya.

3. Dinkes ajak masyarakat vaksinasi

Warga Sulsel, Ayo Segera Vaksinasi agar Pandemik COVID Berubah EndemikIlustrasi vaksinasi siswa (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Arman berharap Sulsel segera memiliki indikator yang menjadi tolak ukur Kementerian Kesehatan untuk masuk fase endemik. Dia mengajak masyarakat segera vaksinasi dan melengkapi vaksinasinya.

"Makanya supaya cepat bisa endemik, semua vaksinasi, kalau mau lepas masker. Ayo vaksinasi supaya kita cepat masuk ke endemik, bisa lepas masker," katanya.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya