Warga Makassar Siap-siap, Ini Jadwal PPDB untuk Tingkat SD

PPDB dibuka daring kecuali untuk wilayah kepulauan

Makassar, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Makassar mengumumkan jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD. Mekanisme pendaftarannya, masih sama seperti tahun lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, mengatakan, pelaksanaan PPDB tahun ini dilaksanakan secara online, kecuali daerah kepulauan. Khusus daerah kepulauan seperti di Kecamatan Sangkarrang, PPDB berlangsung luring atau pendaftaran manual.

"Pendaftaran PPDB untuk jenjang SD akan dilaksanakan secara daring, kecuali di daerah pulau yang akan menggunakan mekanisme luring karena keterbatasan fasilitas jaringan internet," kata Muhyiddin, Jumat (7/5/2024).

Baca Juga: Pemkot Makassar Awasi Lalu Lintas Ternak Jelang Idul Adha

1. Mekanisme pendaftaran daring dan luring

Warga Makassar Siap-siap, Ini Jadwal PPDB untuk Tingkat SDSyarat jalur zonasi PPDB 2024 (Unsplash/com/Syahrul Alamsyah)

Untuk wilayah yang mendaftar sistem daring, calon peserta didik harus mengisi dokumen yang dibutuhkan sebagaimana yang tercantum di laman pendaftaran PPDB Makassar. Sementara untuk pendaftar di wilayah luring, bisa datang langsung ke sekolah yang dituju dengan melampirkan fotokopi dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan.

"Seluruh pelaksanaan, baik daring maupun luring, menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan," kata Muhyiddin.

2. Dibuka dengan dua jalur

Warga Makassar Siap-siap, Ini Jadwal PPDB untuk Tingkat SDIlustrasi pendaftaran dan verifikasi PPDB (Pexels.com/Junior Developer)

Seleksi PPDB 2024 tingkat SD di Kota Makassar ini dibuka dengan dua jalur yakni Zonasi dan Non Zonasi. Jalur Non Zonasi mencakup jalur afirmasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua.

Pendaftaran untuk dua jalur ini juga memiliki jadwal yang berbeda.

3. Jadwal dan tahapan PPDB

Warga Makassar Siap-siap, Ini Jadwal PPDB untuk Tingkat SDSyarat minimal usia untuk pendaftaran PPDB (Unsplash.com/Syahrul Alamsyah)

Adapun jadwal resmi pendaftaran PPDB tahun ajaran 2024/2025 sebagai berikut. Pendaftaran PPDB untuk jalur zonasi pada 24 - 28 Juni 2024 selama 24 jam penuh secara daring. Proses validasi pendaftaran jalur zonasi akan dilaksanakan pada tanggal yang sama, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

Pengumuman hasil PPDB jalur zonasi akan disampaikan secara daring pada tanggal 29 Juni 2024 pukul 09.00 WITA. Calon peserta didik yang dinyatakan lulus melalui jalur zonasi harus mendaftar ulang secara luring pada 30 Juni - 1 Juli 2024 dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

Lalu untuk pendaftaran jalur non zonasi akan dibuka pada 2-5 Juli 2024 selama 24 jam secara daring, dengan proses validasi pendaftaran pada tanggal yang sama, dari pukul 08.00 - 16.00 WITA. 

Pengumuman hasil PPDB jalur non zonasi akan dilakukan secara luring pada tanggal 6 Juli 2024 pukul 09.00 WITA. Pendaftaran ulang untuk jalur non-zonasi dijadwalkan pada tanggal 8-9 Juli 2024, dari pukul 07.00 - 16.00 WITA secara luring.

Masa persiapan masuk sekolah akan diadakan pada 10 Juli 2024 dengan waktu yang disesuaikan. Hari pertama masuk sekolah bagi peserta didik baru dijadwalkan pada 11-12 Juli 2024 dari pukul 08.00 - 12.00 WITA yang juga dilakukan secara luring.

Baca Juga: Sejoli Mahasiswa di Makassar Kerja Sama Merampok dan Membunuh

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya