Warga Makassar Hindari Lokasi Ini, Ada Demo Buruh Besar-besaran

Aksi diperkirakan berlangsung sampai sore

Makassar, IDN Times - Ribuan orang siap turun ke jalan dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2024). Di Makassar, Sulawesi Selatan, massa akan tersebar ke beberapa titik aksi.

Ketua Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Sulawesi Selatan, Andi Malantik, menyatakan pihaknya siap turun aksi dalam menyuarakan hak-hak buruh hari ini. Aksi akan berlangsung sepanjang hari.

"Insyaallah, pagi sampai sore," katanya, banyak massa turun," kata Andi Malantik.

Baca Juga: Seorang Anak di Makassar Terjebak dalam Mesin Cuci, Dievakuasi Damkar

1. Tuntutan yang dibawa para buruh

Warga Makassar Hindari Lokasi Ini, Ada Demo Buruh Besar-besaranposter Hari Buruh 2024 (canva.com/afilabs.cocanva.com/mystudio11)

KSBSI akan menyampaikan 6 poin tuntutan. Pertama yaitu menindaklanjuti rekomendasi sidang ILO 2023 tentang UU Cipta kerja, memperbaiki sistem pengupahan, mencabut Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK). 

Kemudian, menuntut dana JHT (Jaminan Hari Tua) milik buruh bukan milik negara. Lalu tuntutan untuk merevisi PP 35 Tahun 2021, dan kebebasan berserikat dan berunding adalah hak asasi.

2. Disnaker siap dampingi aksi buruh

Warga Makassar Hindari Lokasi Ini, Ada Demo Buruh Besar-besaranposter Hari Buruh 2024 (canva.com/Fanatika Studio)

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Nielma Palamba, menyatakan pihaknya siap memantau aksi demonstrasi hari ini. Pihaknya juga siap mendengarkan aspirasi para buruh.

"Hari ini kami akan memantau dan mendampingi teman-teman buruh berorasi," katanya.

3. Titik-titik aksi tersebar di beberapa lokasi

Warga Makassar Hindari Lokasi Ini, Ada Demo Buruh Besar-besaranIlustrasi demo. (IDN Times/Maulana R)

Adapun titik-titik aksi peringatan Hari Buruh Internasional ini tersebar di beberapa lokasi. Lokasi yang menjadi pusat aksi yakni gedung DPRD Sulsel, fly over hingga Kantor Gubernur Sulsel.

Alinasi Rakyat Bersatu Rebut Kekuasaan (RABUAN) yang tergabung dari KSBSI, GRD, SPN, PMBI, KAMIPARHO, KPPG, KSN, FPBN, GSBMI, FKUI, FNIKEUBA, FPE dan SBNI dengan jumlah massa sekitar 300 orang akan unjuk rasa di Kantor Wali Kota Makassar pukul 08.00 WITA sampai selesai.

Pada pukul 10.00 WITA, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Provinsi Sulsel dengan jumlah massa  sekitar 2.500 orang akan berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Sulsel, Kantor Gubernur Sulsel dan Fly Over. Kemudian, aksi juga akan berlangsung di depan Kampus 2 UMI Jalan Urip Sumoharjo Kota Makassar dari Aliansi Organda Se-Universitas Muslim Indonesia.

Pada pukul 13.00 WITA sampai selesai, Aliansi Federasi Rakyat Demokrasi Makassar ( FREDOM) dengan jumlah massa sekitar 250 orang bakal berunjuk rasa di Pertigaan Jalan A Pettarani dan Jalan Sultan Alauddin Kota Makassar. Kemudian, pada pukul 14.00 WITA sampai selesai, HMI dan sejajaran komisariat Unismuh akan unjuk rasa di depan Kampus Unismuh Makassar.

Baca Juga: Cekcok dengan Istri, Pria di Makassar Malah Bakar Rumah Mertua

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya