Warga Makassar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total di Kantor BMKG

BMKG siapkan teleskop untuk melihat gerhana lebih dekat

Makassar, IDN Times - Fenomena Gerhana Bulan Total akan terlihat di langit Indonesia pada malam ini, Selasa (8/11/2022). Masyarakat bisa menyaksikannya langsung dengan mata telanjang. 

Bagi warga Kota Makassar yang ingin menyaksikan fenomena langka tersebut, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memberikan fasilitas berupa teleskop. Masyarakat bisa datang langsung ke kantor BMKG tersebut di Jalan Prof Dr Abdulrahman Basalamah No 4 Makassar.

"Terbuka untuk umum, semoga cuacanya cerah," kata Hanafi Hamzah selaku Kepala Bidang Data dan Informasi Balai BMKG Wilayah IV Makassar, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga: Waktu dan Wilayah untuk Mengamati Gerhana Bulan 8 November

1. Dibuka mulai pukul 5 sore

Warga Makassar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total di Kantor BMKGIlustrasi Gerhana Bulan di Indonesia. ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Gerhana Bulan Total kali ini diperkirakan bakal berlangsung dengan durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik. Sementara durasi umbra atau gerhana sebagian dan total berlangsung selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Puncak gerhana diperkirakan terjadi pukul 19.00.22 WITA. Namun BMKG akan mulai membuka fasilitas untuk masyarakat sejak sore hari.

"Jika kondisi cuaca memungkinkan, maka persiapan dimulai pukul 17.00 WITA, sampai menunggu matahari terbenam, baru kita mulai pengamatan gerhananya," kata Hanafi.

2. BMKG siapkan teleskop

Warga Makassar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total di Kantor BMKGPetugas mengamati matahari terbenam menggunakan teleskop saat melakukan pemantauan hilal di Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Pemantauan hilal tersebut dilakukan untuk menentukan 1 Syawal 1442 H (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Untuk pengamatan Gerhana Bulan Total, BMKG telah menyiapkan sejumlah teleskop. Teleskop ini dapat digunakan secara bergiliran oleh masyarakat yang datang.

"Ada teleskop dari Stasiun BMKG Gowa. Kemudian kita juga ada dari Kementerian Agama. Sebentar mulai dibuka sore. Kalau ada kesempatan, masyarakat silakan main ke kantor kami," kata Hanafi.

3. Jumlah pengunjung dibatasi

Warga Makassar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total di Kantor BMKG

Meski terbuka untuk masyarakat umum, namun pihak BMKG membatasi jumlah warga yang hendak masuk. Hal ini mengingat keterbatasan tempat dan fasilitas. 

"Mungkin kita lihat dulu karena gedung kita terbatas juga. Jadi, mungkin paling banyak 30-40 orang kalau masyarakat umum selain dari wartawan," kata Hanafi.

Gerhana Bulan Total ini dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia dalam kondisi cuaca cerah. Selain itu, fenomena ini aman disaksikan dengan mata telanjang.

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Salat Khusuf saat Terjadi Gerhana

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya