Tingkat Partisipasi Pemilih di Sulsel Lampaui Target Nasional

Tingkat partisipasi capai 80 persen

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan mengumumkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. Jika melihat grafis capaian partisipasi setiap tingkatan, maka KPU menyimpulkan bahwa tingkat partisipasi pemilih Sulawesi Selatan melebihi target partisipasi nasional yaitu 80 persen.

Berdasarkan hasil penghitungan pengguna hak pilih dalam DPT, DPTb dan DPK berbanding jumlah Daftar Pemilih Tetap maka tingkat partisipasi Pemilu 2024 untuk setiap tingkatan pada Pemilu 2024 yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (80,57 persen), DPR RI (80,36 persen), DPD (80,43 persen), DPRD Provinsi (80,32 persen). 

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Hasruddin Husain. Dia mengatakan KPU Sulsel punya beberapa catatan-catatan sekaitan dengan hasil Partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

"Seperti partisipasi pemilih disabilitas dan jumlah surat suara yang keliru coblos yang selalu jadi perhatian dalam melakukan evaluasi partisipasi pemilih," kata Hasruddin melalui siaran pers, Kamis (21/3/2024).

1. Beberapa faktor pengaruhi tingkat partisipasi pemilih

Tingkat Partisipasi Pemilih di Sulsel Lampaui Target NasionalIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Hasruddin menjelaskan ada beberapa faktor utama dalam proses Pemilu 2024 yang menjadi penentu tingkat partisipasi pemilih. Di antaranya, sosialisasi oleh penyelenggara Pemilu, partai politik, pemerintah, masyarakat sebagai pemilih dan media dalam menyampaikan informasi semua tahapan-tahapan dalam pemilu. 

"Selanjutnya sinergitas yang terjalin antara semua unsur dalam menciptakan atmosfer pemilu yang kondusif dan partisipatif di Sulawesi Selatan," katanya.

2. Peningkatan partisipasi pemilih berdasarkan jenis

Tingkat Partisipasi Pemilih di Sulsel Lampaui Target NasionalIlustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Berdasarkan data yang telah ditetapkan di KPU Sulsel, ada kabupaten/kota yang mengalami peningkatan partisipasi pemilih dari Pemilu 2019 dengan Pemilu 2024. Tingkat partisipasi ini dikategorikan sesuai tingkatan pemilihan.

Untuk jenis Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019, tingkat partisipasi Kota Makassar 75,49 persen. Sementara pada Pemilu 2024, tingkat partisipasi pemilihnya sebesar 82,07 persen atau mengalami peningkatan 6,58 persen.

Untuk jenis DPR RI, ada Kabupaten Gowa. Pada Pemilu 2019, tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Gowa mencapai 80,20 persen sedangkan pada Pemilu 2024 sebesar 84,20 persen atau mengalami peningkatan 4,00 persen.

Untuk jenis Pemilihan DPD, partisipasi pemilih di Kota Makassar juga meningkat. Pada Pemilu 2019, tingkat partisipasi Kota Makassar sebesar 75,20 persen sedangkan pada Pemilu 2024 sebesar 82,06 persen atau meningkat 6,87 persen.

Pada jenis Pemilihan DPRD Provinsi, ada Kabupaten Luwu. Pada Pemilu 2019, tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Luwu sebesar 80,47 persen sedangkan pada Pemilu 2024 sebesar 85,93 persen, atau meningkat 5,46 persen.

3. KPU Sulsel terima kasih ke semua pihak

Tingkat Partisipasi Pemilih di Sulsel Lampaui Target NasionalIlustrasi warga menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Atas tingginya tingkat partisipasi pemilih ini, pihak KPU Sulsel pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan Pemilu 2024. Di antaranya yaitu seluruh masyarakat, media, pemerintah, partai politik, calon anggota DPD, Polri dan TNI. 

"Yang telah menciptakan Pemilu yang partisipatif dan ini menjadi indikator yang baik dalam menyongsong Pemilihan Gubernur, Wali Kota dan Bupati tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Selatan," kata Hasruddin.

Baca Juga: Daftar Terbaru Caleg DPR RI Terpilih dari Sulsel usai PPP Tak Lolos PT

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya