Comscore Tracker

Tes CPNS Pemprov Sulsel di CCC Makassar, Peserta Jangan Bawa Tim Hore

Tim hore seperti keluarga, teman, dan pacar peserta tes CPNS

Makassar, IDN Times - Pelaksanaan seleksi tes CPNS di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan kabupaten/kota dijadwalkan berlangsung pada 14 - 18 September 2021. Sementara tes untuk kabupaten/kota dijadwalkan mulai pada 18 September - 10 Oktober 2021. Panitia pun telah menyusun sejumlah aturan yang harus dipatuhi para peserta.

Salah satu aturan itu adalah peserta dilarang membawa keluarga, rekan atau biasa juga disebut tim hore. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerumunan di dalam lokasi tes yang direncanakan berlangsung di gedung Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

"Tidak diperkenankan mengantar tim hore-hore. Sudah disampaikan, diwanti-wanti ke kepala BKD masing-masing yang mau tes adalah peserta tes. Bukan keluarganya yang ikut tes," kata Wakil Ketua Panitia CPNS Sulsel, Tautoto Tanaranggina, di Makassar, Minggu (12/9/2021).

1. Pelaksanaan tes CPNS dengan prokes ketat

Tes CPNS Pemprov Sulsel di CCC Makassar, Peserta Jangan Bawa Tim HorePeserta seleksi CPNS lingkup Pemprov Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (28/1/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Tautoto atau yang akrab disapa Toto memastikan pelaksanaan tes CPNS ini nantinya akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal itu diatur berdasarkan surat kepala kantor regional Badan Kepegawaian Negara nomor kr.IV.K26-25/P.38-188/2021 tanggal 1 September 2021 tentang Penyampaian Jadwal SKD CPNS Tahun 2021.

Jumlah peserta yang akan ikut sebanyak 46.219 untuk formasi CPNS dan 1.249 untuk formasi P3K. Untuk mencegah kerumunan, jumlah peserta dalam sehari dibatasi hanya 1.800 peserta. Tes akan berlangsung 3 sesi di mana dalam setiap sesi ada 600 orang.

"Jadi disiapkan komputer 600 unit. Tapi kalau hari Jumat hanya dua sesi sehingga peserta yang datang hanya 1.200 orang," katanya.

2. Peserta tidak boleh datang terlambat

Tes CPNS Pemprov Sulsel di CCC Makassar, Peserta Jangan Bawa Tim HoreIlustrasi. Peserta CPNS. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Untuk mencegah penumpukan peserta, maka panitia mewajibkan peserta datang tepat sesuai jadwal yang ditentukan. Untuk sesi pertama, panitia mulai membuka registrasi pada pukul 06.30 WITA. 

Selama registrasi, peserta diberi waktu 90 menit untuk menjalani pengecekan dokumen kesehatan seperti surat hasil PCR atau antigen yang menyatakan negatif COVID-19. Lalu ada pemeriksaan barang bawaan para peserta tes CPNS.

"Sesi pertama pukul  08.00 - 09.40 WITA. Jika ada yang datang terlambat, paling lambat pukul 07,55. Tapi jam 08.00 tidak bisa masuk lagi ke ruangan," kata Toto.

Baca Juga: CPNS Pemprov Sulsel, Peserta Positif COVID-19 Bisa Atur Ulang Jadwal

3. Peserta yang demam disiapkan ruangan khusus

Tes CPNS Pemprov Sulsel di CCC Makassar, Peserta Jangan Bawa Tim HoreIlustrasi (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Untuk mencegah kerumunan, panitia akan melibatkan tim keamanan. Jalur masuk ke area gedung pelaksanaan tes CPNS Pemprov Sulsel di CCC Makassar, juga akan dibuat satu arah sehingga tidak terjadi penumpukan saat pergantian peserta.

Panitia juga melibatkan tim kesehatan jika sewaktu-waktu ada peserta yang bersuhu badan di atas 37,5 derajat. Khusus peserta yang demam, panitia sudah menyiapkan sebuah ruangan yang disebut hot room. 

"Bagi peserta yang negatif, tetapi suhu badan 37,5, kita siapkan ruang khusus, tempat yang berbeda tapi masih berada dalam lokasi CCC," katanya.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran CPNS Pemprov Sulsel Belum Jelas

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya