Comscore Tracker

Tahap Awal Pembangunan Stadion Mattoanging Cuma Lapangan dan Trek Lari

Rencananya anggaran pembangunan tahap pertama Rp70 miliar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging. Rencananya, konstruksi proyek tersebut mulai dikerjakan pada tahun 2022.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Andi Darmawan Bintang menyebut Pemprov menganggarkan Rp70 miliar untuk pembangunan tahap pertama. Jumlah ini diusulkan dalam Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Sulsel 2022.

"Dia sudah masuk KUA PPAS 2022 dan itu menjadi bahan pembahasan di legislatif. Kita sudah mengajukan dalam bentuk KUA PPAS dan kemarin kan sudah ditandatangani KUA PPAS pokok," kata Darmawan, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: [FOTO] Desain Baru Stadion Mattoanging, Netizen: Berubah Terus

1. Dana pembangunan dianggarkan bertahap

Tahap Awal Pembangunan Stadion Mattoanging Cuma Lapangan dan Trek LariDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Darmawan atau yang akrab disapa Wawan, menyebut anggaran Rp70 miliar itu untuk fasilitas awal yang akan dibangun yaitu lapangan dan area berlari atau jogging track. Dia menyebut stadion ini dibangun secara bertahap termasuk untuk tribun penonton.

Jumlah anggaran tersebut dinilai mahal namun Wawan tak ingin menilai terlalu jauh. Pasalnya, penganggaran berdasarkan perencanaan yang dilaksanakan oleh pihak konsultan.

"Persoalan mahal atau tidak itu menjadi bagian dari perencanaan. Dari hasil perencanaan itu, merupakan bagian dari orang yang memang pada bagian lainnya. Kontraktor yang akan melaksanakan konstruksi itu," katanya.

2. Pemprov ingin melaksanakan lelang dini

Tahap Awal Pembangunan Stadion Mattoanging Cuma Lapangan dan Trek LariDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Wawan mengatakan KUA PPAS telah dibahas. Tinggal pembahasan apakah nantinya Stadion Mattoanging masuk dalam RKA (rencana kerja dan anggaran). 

Pembahasan itu, kata Wawan, paling lambat selesai pada November 2021. Namun jika selesai lebih cepat, maka pemprov bisa langsung melaksanakan lelang dini.

"Karena memang dimungkinkan untuk melakukan pelelangan dini sepanjang itu sudah masuk dalam rencana kegiatan anggaran," kata Wawan.

3. Desain kembali berubah

Tahap Awal Pembangunan Stadion Mattoanging Cuma Lapangan dan Trek LariDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Sebelumnya, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulsel mengunggah desain terbaru proyek pembangunan Stadion Mattoanging di laman resmi serta akun Facebook dan Instagram Dispora Sulsel, Jumat (27/8/2021). 

Dispora menyatakan pihaknya telah merampungkan desain tambahan, menyusul detail engineering design (DED) ultimate pada Februari 2021 lalu.

Kepala Seksi Infrastuktur dan Kemitraan Olahraga Dispora Sulsel Herbudhie Ristanto menerangkan proses pembangunan Stadion Mattoangin mengalami perubahan desain, sebab ada pengalihan kebijakan sumber pembiayaan dan penganggaran Pemrov Sulsel di 2021.

”Awal tahun 2021, Pemprov Sulsel diharuskan melakukan refocusing dan realokasi anggaran di tengah situasi Pandemi Covid-19, dengan prioritas pada penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. Sehingga kebijakan penganggaran dialihkan ke dua sektor tadi. Ini berakibat perubahan desain stadion dengan menyesuaikan ketersediaan anggaran pemprov,” kata Herbudhie dikutip dari laman Dispora Sulsel, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Menpora soal Pembangunan Stadion Mattoanging: Kita Fokus Pandemik

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya