Sulsel Sudah Punya 2 Mobil PCR, Harganya Rp3,5 Miliar per Unit

Satu jam bisa memeriksa 8 spesimen COVID-19

Makassar, IDN Times - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Selatan, kini memiliki mobil tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Penggunaan 2 unit mobil PCR ini diluncurkan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di rumah jabatannya, Rabu (12/8/2020).

Mobil ini bakal dioptimalkan untuk melakukan tes secara masif sebagaimana yang selama ini dilakukan tim Gugus Tugas Sulsel dalam penanganan COVID-19.

"Kita udah punya pengalaman, bahwa pandemik COVID-19 ini hal yang paling penting harus kita lakukan adalah tes masif. Tracing secara masif," kata Nurdin.

1. Satu jam bisa 8 memeriksa spesimen

Sulsel Sudah Punya 2 Mobil PCR, Harganya Rp3,5 Miliar per Unitilustrasi tes swab. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Satu mobil ini, kata Nurdin, bisa memeriksa hingga 8 spesimen dalam sekali pemeriksaan. Bukan itu saja, hasil pemeriksaannya juga sangat cepat yakni hanya satu jam. Jadi, warga tidak perlu menunggu lama untuk menunggu hasil pemeriksaan.

"Saya kira ini penting sekali terutama dalam rangka menentukan status apa orang-orang yang sementara dirawat. Jadi kita tidak ada alasan lagi menunggu (lama) hasil swab dari lab, kita sudah punya mobile swab," katanya.

2. Bisa dimanfaatkan untuk pemeriksaan di luar COVID-19

Sulsel Sudah Punya 2 Mobil PCR, Harganya Rp3,5 Miliar per UnitIDN Times/ Muchammad

Nurdin menambahkan, penggunaan alat pada mobil ini tidak hanya terbatas untuk pemeriksaan COVID-19, tapi bisa juga untuk pemeriksaan HIV/AIDS, tes narkoba dan lain sebagainya. Menurut Nurdin, ini merupakan upaya untuk melindungi masyarakat.

"Harapan kita ini digunakan secara maksimal walaupun baru 2 unit. Mudah-mudahan kita dapat lagi bantuan dari pemerintah pusat bisa nambah sehingga daerah-daerah terjauh bisa kita sumbang. Jadi tidak perlu lagi mengirim sampel ke Makassar," kata Nurdin.

Baca Juga: Bersujud depan Gubernur Sulsel, Pria Ini Minta Makam Istri Dipindahkan

3. Dioperasikan di rumah sakit rujukan COVID-19

Sulsel Sudah Punya 2 Mobil PCR, Harganya Rp3,5 Miliar per UnitIlustrasi swab. IDN Times/ Muchammad

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari juga mengaku bersyukur tim Gugus Tugas telah memiliki mobil PCR tersebut. Untuk penggunaannya, Gugus Tugas telah menyiapkan tenaga untuk setiap mobil.

"Untuk setiap mobil itu ada 5 orang terdiri dari driver ada kaptennya, 3 petugas lab yang akan bekerja di mobil PCR itu," kata Ichsan.

Ichsan menyebutkan, harga pengadaan satu unit mobil tersebut adalah Rp3,5 miliar. Mobil ini pun akan segera dioperasikan.

"Jadi rencana seperti Pak Gubernur sampaikan bahwa akan dioperasikan penanganan di RS yang gawat darurat dan satu diarahkan ke kabupaten untuk dilakukan pemeriksaan swab di sana," katanya.

Baca Juga: Kantor Dinas Kesehatan Sulsel Terbakar, Bagaimana Data COVID-19?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya