Stadion Sudiang Segera Dibangun, Anggota DPR RI Singgung Barombong

Hamka ingatkan jangan sampai proyek mangkrak

Makassar, IDN Times - Sebuah stadion baru akan dibangun di kawasan Sudiang Makassar tahun ini. Rencananya, groundbreaking proyek pembangunannya digelar pada Juli atau Agustus 2024 mendatang.

Di tengah rencana pembangunan stadion baru, Anggota Komisi V DPR RI asal Sulawesi Selatan, Hamka B Kady menyinggung soal infrastruktur serupa yang terbengkalai. Yaitu Stadion Barombong yang dibangun sejak tahun 2011 dan kini telah mangkrak.

"Jangan kita terantuk pada batu yang sama membangun Stadion Barombong sampai sekarang tidak ada manfaatnya," kata Hamka dalam kunjungannya ke Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Pj Gubernur dan Komisi V DPR RI Tinjau Lahan Stadion Sudiang

1. Membangun stadion harus hati-hati

Stadion Sudiang Segera Dibangun, Anggota DPR RI Singgung BarombongBangunan stadion Barombong di Makassar yang terbengkalai. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Hamka menegaskan pembangunan proyek seperti stadion butuh kehati-hatian. Terlebih lagi, stadion direncanakan berstandar internasional yang notabene membutuhkan biaya besar.

"Harus kita hati-hati karena membangun stadion yang namanya international stadium itu anggarannya bukan ratus miliar tapi itu triliunan rupiah, itu kita harus bawa dari sisi lokasinya," katanya.

2. Bakal menggunakan APBN

Stadion Sudiang Segera Dibangun, Anggota DPR RI Singgung Barombongidn Times

Proyek ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Makassar pada akhir Februari 2024 lalu. Hamka mengatakan anggaran untuk stadion tersebut disiapkan dari APBN.

"APBN itu sudah diputuskan tahun lalu mengenai seluruh anggaran yang ada yang akan digelontorkan pada tahun 2024, itu sudah clear tidak ada perubahan," kata Hamka.

Hamka mengatakan karena proyek tersebut merupakan instruksi presiden maka anggarannya bersumber dari bendahara umum negara. Ada dana cadangan di Kementerian Keuangan. 

"Kalau yang sekarang ini karena memang awalnya belum ada anggarannya untuk stadion dan itu sudah perintah langsung presiden akan dilaksanakan dengan menggunakan anggaran yang tersedia," kata Hamka.

3. Seluruh dokumen dan prosedur harus lengkap

Stadion Sudiang Segera Dibangun, Anggota DPR RI Singgung BarombongPeninjauan lahan untuk lokasi pembangunan stadion baru di Sudiang, Makassar, Senin (11/3/2024). Dok. Humas Pemkot Makassar

Hanya saja, Hamka menyampaikan bahwa sebaiknya seluruh dokumen dan prosedur yang menjadi dasar pembangunan stadion itu harus dipenuhi semua. Kelengkapan semua persyaratannya itu yang paling penting. 

"Makanya saya sampaikan tadi apa yang diinginkan oleh Pak Gubernur sesuai dengan arahan Presiden itu bagaimana supaya bisa dilaksanakan tanpa mengorbankan prosedural yang ada," kata Hamka.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Stadion di Sudiang Makassar Akan Dibiayai APBN

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya