Siaga Banjir, BPBD Makassar Siapkan Drone Khusus Rescue

Kota Makassar siaga bencana banjir

Makassar, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menyiapkan sejumlah alat sebagai bentuk siaga banjir. Salah satunya yaitu drone khusus rescue atau penyelamatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, menyebut punya fitur yang tidak dimiliki oleh drone-drone biasa seperti speaker, lampu dan infrared.

Kemudian ada drone laut dengan kemampuan menyelam kedalaman 200 meter. Drone laut ini dilengkapi dengan lampu serta hand robot yang dapat dikendalikan dari atas dan dapat bermanuver di dalam air.

"Dengan peralatan ini memudahkan personil dalam pencarian dan meminimalisir kecelakaan dari personil kita. Alat ini dapat membantu Basarnas," kata Hendra di Gudang Logistik BPBD Makassar, Jumat (12/1/2024).

1. Bisa membantu evakuasi korban tenggelam

Siaga Banjir, BPBD Makassar Siapkan Drone Khusus RescueKondisi di salah satu ruas jalan di Kota Makassar saat hujan. IDN Times/Ashrawi Muin

Drone khusus tersebut merupakan peralatan yang baru diadakan pada akhir tahun 2023 lalu. Hendra mengatakan drone tersebut dibeli di bawah harga Rp100 juta.

Alat tersebut bernama Remotely Operated Vehicle (ROV). Alat ini beroperasi dikendalikan dengan remote control. Meski telah diuji coba tapi belum digunakan dalam operasi langsung.

Cara kerjanya hampir sama seperti drone pada umumnya yang bisa mengambil gambar foto dan video. Namun secara khusus, drone tersebut bisa digunakan untuk mencari korban tenggelam dan mengukur kedalaman air.

"Capitnya bisa menarik orang karena kalau di dalam laut, bobot manusia ringan. Bisa mengangkut berat 100 kilo," kata Hendra.

2. Pemkot kelurkan imbauan waspada banjir

Siaga Banjir, BPBD Makassar Siapkan Drone Khusus RescueKondisi di salah satu ruas jalan di Kota Makassar saat hujan. IDN Times/Ashrawi Muin

Lebih lanjut, BPBD Makassar telah menyiapkan langkah antisipasi untuk banjir. Untuk informasi siaga banjir, BPBD berpatokan pada informasi dari BMKG.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto juga telah mengeluarkan imbauan waspada banjir menyusul meningkatnya curah hujan lagi. BPBD juga telah merilis apa saja yang harus disiapkan saat banjir.

"Per hari ini sampai besok, kita diminta siaga banjir lagi. Hujan dan angin kencang," kata Hendra.

3. Makassar berstatus siaga banjir

Siaga Banjir, BPBD Makassar Siapkan Drone Khusus RescueEvakuasi warga korban banjir di Perumnas Antang Blok 8 dan 10, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Jumat (17/2/2023). Dok. BPBD Makassar

BPBD Makassar telah memetakan lokasi rawan banjir. Lokasi-lokasi rawan banjir ini tersebar di 4 kecamatan yaitu Biringkanayya, Manggala, Tamalanrea, dan Panakkukang.

Adapun BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan perkiraan cuaca ekstrem hujan lebat di Kota Makassar dan wilayah lainnya di Sulawesi Selatan. Kota Makassar diprediksi berstatus siaga pada 12 - 13 Januari 2024.

Potensi curah hujan tinggi tersebut dapat menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti potensi banjir rob (pasang air laut), genangan pada dataran rendah di kawasan perumahan, angin kencang (puting beliung) yang berpotensi menumbangkan pohon rapuh, papan reklame dan tiang tinggi.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya