Satu Lagi Korban Tertimbun Longsor di Toraja Utara Ditemukan Meninggal

Tidak ada lagi korban dalam pencarian

Makassar, IDN Times - Satu lagi korban yang tertimbun tanah longsor di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, ditemukan meninggal dunia. Korban merupakan perempuan atas nama Margareta Rembon (38).

Tim SAR gabungan menemukan jasad korban setelah pencarian hari ini, Sabtu (27/4/2024). Jasad korban ditemukan sejauh 10 meter dari titik longsor.

"Oleh karenanya sudah tidak ada lagi korban yang masih dalam pencarian," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar, Mexianus Bekabel, dalam keterangannya.

Baca Juga: Tim SAR Lanjutkan Cari Satu Korban Tanah Longsor di Toraja Utara

1. Tiga korban meninggal telah ditemukan

Satu Lagi Korban Tertimbun Longsor di Toraja Utara Ditemukan MeninggalEvakuasi korban tewas diterjang tanah longsor di Toraja Utara, Sabtu (27/4/2024). (Dok. BPBD Sulsel)

Margareta Rembon merupakan satu dari 3 korban yang dilaporkan hilang setelah bencana longsor pada Jumat (26/4/2024) kemarin. Dua korban lainnya yakni Martina Lintin (40) dan Margareta Tandek (40) juga telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Terima kasih untuk tim SAR gabungan yang telah menemukan korban dengan melaksanakan operasi SAR dengan baik," kata Mexianus.

2. Lima korban selamat sedang dirawat

Satu Lagi Korban Tertimbun Longsor di Toraja Utara Ditemukan MeninggalKondisi setelah longsor di Toraja Utara, Jumat (26/4/2024). Dok. BPBD Toraja Utara

Sebelumnya diberitakan, longsor terjadi di Dusun Tembamba, Kelurahan Tallang sura', Kecamatan Buntao, pada Jumat (26/4/2024). Sebanyak 8 orang tertimbun material longsor.

Dari 8 orang tersebut, 3 di antaranya dilaporkan hilang dan 5 orang selamat. Ketiga korban hilang telah ditemukan meninggal dunia sedangkan 5 korban selamat dalam kondisi terluka parah.

Adapun data korban yang selamat pada peristiwa longsor itu yakni Lusiana (P/45 Thn), Nobel Gadi ( L/35 Thn), Paulus Sirupang( L/42 Thn), Yohana Laba (P/27 Thn), Sabina Samba (P/49 Thn). Kelima korban selamat sedang menjalani perawatan.

3. Longsor dipicu intensitas hujan tinggi

Satu Lagi Korban Tertimbun Longsor di Toraja Utara Ditemukan MeninggalPeristiwa tanah longsor di Dusun Tembamba Kelurahan Tallang sura' Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara, Jumat (26/4/2024). (Dok. BPB Sulsel)

Longsor terjadi sebanyak dua kali. Pertama pada pukul 05.30 WITA  dan longsor kedua 10.00 WITA. Longsor ini dipicu intensitas hujan yang terus meningkat pada Kamis (25/4/2024) malam.

Kondisi tanah yang labil membuat tanah mudah mengalami longsor saat hujan. Kondisi ini bahkan sempat menghambat proses pencarian dan evakuasi korban karena kondisi tanah yang masih bergerak.

Baca Juga: Korban Meninggal Longsor di Torut Bertambah Jadi 2 Orang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya