Saat Jokowi Beli Cabai Rp250 Ribu per Kilogram di Pasar Maros

Presiden bagi-bagi BLT dan sembako untuk pedagang

Makassar, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengunjungi Pasar Tradisional Modern (Tramo) Butta Salewangang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada Rabu (29/3/2023). Presiden berkunjung ke pasar di sela agendanya meresmikan proyek kereta api.

Dalam kunjungannya di pasar, Jokowi memberikan sejumlah Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sembako kepada para pedagang dan warga setempat. Dia juga sempat membeli barang dagangan di pasar.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 11.22 WITA. Dia didampingi sejumlah pejabat seperti Gubernur Sulsel, Andi Sudriman Sulaiman dan Bupati Maros Chaidir Syam. Dia bercengkrama dengan para pedagang sembari mengecek harga kebutuhan pokok. Setelahnya, dia baru membagikan amplop yang berisi uang tunai kepada para pedagang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Kereta Api Makassar-Parepare

1. Pedagang terima BLT senilai Rp1,2 juta

Saat Jokowi Beli Cabai Rp250 Ribu per Kilogram di Pasar MarosSeorang pedagang di Pasar Tradisional Modern Kabupaten Maros menerima BLT dari Presiden Jokowi. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Kondisi hujan tak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk bertemu Presiden Jokowi. Sebelum kedatangan Jokowi, masyarakat sudah menanti sejak pagi.

Rijal (37) merupakan pedagang yang menerima BLT dalam kunjungan Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi di pasar tersebut. Pedagang ikan tersebut menerima amplop berisi uang tunai senilai Rp1,2 juta dari Jokowi.

"Alhamdulillah ini langsung dari Presiden. Pedagang ikan dan sayur itu dipastikan semua kebagian, karena sudah didata tadi pagi," ucapnya.

2. Jokowi beli cabai seharga Rp40 ribu, dibayar Rp250 ribu

Saat Jokowi Beli Cabai Rp250 Ribu per Kilogram di Pasar Marosilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Selain membagikan BLT dan sembako, Jokowi juga sempat membeli cabai dari pedagang di pasar tersebut. Dia membeli cabai dengan harga Rp40 ribu per kilogram.

Muh Siddiq (28), pedagang cabai juga menerima uang tunai sebesar Rp250.000 dari Jokowi. Dia mengaku tak menyangka orang nomor satu di Indonesia itu akan membeli cabai dagangannya.

"Pak Presiden tanya harga cabai berapa, saya jawab Rp40 ribu satu kilo. Dia kasih uang Rp250 ribu, tetap dikasi 2 kilo. Lumayan alhamdulillah, banyak ini," katanya.

3. Jokowi menyebut stok pangan di Sulsel aman dan murah

Saat Jokowi Beli Cabai Rp250 Ribu per Kilogram di Pasar MarosPresiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi Pasar Tradisional Modern Kabupaten Maros, Rabu (29/3/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Presiden Jokowi sendiri menyatakan bahwa harga kebutuhan pokok di Sulsel, khususnya di Maros ini masih cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga di Jakarta. Misalnya saja, harga cabai yang dibelinya seharga Rp40 ribu per kilogram itu mencapai harga Rp90 ribu per kilogram di Jakarta.

"Yang penting pasokannya selalu ada, kayak beras itu pasokan harus ada. Sembako secara keseluruhan aman," kata Jokowi.

Baca Juga: Resmikan KA Sulsel, Jokowi: Kita Telat Bangun Transportasi Publik

Topik:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya