RS Otak, Jantung-Kanker di Makassar Rampung, Siap Diresmikan Jokowi

Telan anggaran sebesar Rp2 triliun

Intinya Sih...

  • Rumah sakit Vertikal khusus otak, jantung, dan kanker di Kota Makassar siap diresmikan Presiden Jokowi pekan ini.
  • Dibangun dengan anggaran Rp2 triliun pada awal 2023, rumah sakit ini bertujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  • Rumah sakit akan beroperasi segera setelah diresmikan dan menerima peserta dengan basis layanan BPJS.

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan bahwa rumah sakit Vertikal khusus otak, jantung dan kanker di Kota Makassar, siap diresmikan Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo. Rumah sakit itu akan diresmikan pada pekan ini, Jumat (6/9/2024).

"Alhamdulillah Rumah Sakit Vertikal Kemenkes yang ada di Makassar ini sudah siap sepenuhnya diresmikan oleh Bapak Presiden tanggal 6 yang akan datang," kata Zudan saat meninjau rumah sakit tersebut hari ini, Selasa (3/9/2024).

1. Zudan sebut sebagai hadiah dari pemerintah pusat

RS Otak, Jantung-Kanker di Makassar Rampung, Siap Diresmikan JokowiPj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Zudan Arif Fakrulloh, meninjau rumah sakit Vertikal khusus otak, jantung dan kanker di Kota Makassar, Selasa (3/9/2024)/Humas Pemprov Sulsel

Rumah sakit ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan. Rumah sakit ini dibangun bertujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya bagi pasien otak, jantung dan kanker.

"Ini merupakan hadiah dari pemerintah pusat dari masyarakat di wilayah Makassar, Sulawesi dan Indonesia Tengah dan Timur karena ini rumah sakit terbaik di wilayah tersebut," kata Zudan.

2. Dilengkapi hampir 1.000 kamar

RS Otak, Jantung-Kanker di Makassar Rampung, Siap Diresmikan JokowiPj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Zudan Arif Fakrulloh, meninjau rumah sakit Vertikal khusus otak, jantung dan kanker di Kota Makassar, Selasa (3/9/2024)/Humas Pemprov Sulsel

Pembangunan rumah sakit ini menelan anggaran sekitar Rp2 triliun dan dikerjakan pada awal 2023 lalu. Rumah sakit ini bakal ditunjang dengan teknologi mutakhir dan fasilitas kesehatan yang cukup lengkap.

"Sepenuhnya ini sudah siap beroperasi, dan nantinya bertahap. Karena hampir 1.000 kamar yang tersedia untuk penyembuhan masyarakat yang sedang sakit dan terdiri dari tiga unit layanan besar yang canggih, yaitu jantung, kanker dan otak. Ini luar biasa fasilitas pemerintah pusat yang dibangunkan di Makassar," kata Zudan.

3. Menerima peserta layanan BPJS Kesehatan

RS Otak, Jantung-Kanker di Makassar Rampung, Siap Diresmikan Jokowiilustrasi kartu BPJS Kesehatan (id.pngtree.com)

Setelah diresmikan, rumah sakit ini akan segera beroperasi. Dengan demikian, pasien OJK di wilayah Indonesia Timur tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jawa untuk berobat karena sudah ada di Makassar.

"Ini sudah selesai semuanya dan siap operasional. Rumah sakit ini juga akan menerima peserta dengan basis layanan BPJS," kata Zudan.

Baca Juga: RS Otak dan Jantung Bertaraf Internasional di Makassar Segera Rampung

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya